Desi Kurnia / Musik / Pentas | Teater

-Headline- Sekaten : Yogyakarta Duwe Gawe

Selain sebagai kota pelajar, Yogyakarta juga merupakan salah satu kota tertua yang tersohor dengan beragam tradisi dan keseniannya, terutama tradisi Jawa. Sebagai kota tradisi, Yogyakarta tentu saja memiliki banyak tradisi yang masih eksis, salah satunya adalah perayaan Sekaten. Sekaten merupakan tradisi Jawa yang dimiliki oleh Yogyakarta. Sekaten atau yang lebih dikenal dengan istilah Pasar Malam Perayaan Sekaten, hal demikian karena sebelum upacara Sekaten diadakan kegiatan pasar malam terlebih dahulu selama satu bulan penuh, sekaten merupakan acara yang unik mengasyikan dan selalu ramai dikunjungi oleh turis domestik maupun turis luar setiap tahunnya. Sekaten yang juga bernama PMPS atau kepanjangan Pasar Malam Perayaan Sekaten yang digelar dialun-alun utara Yogyakarta ini pun sudah di akui oleh negara sebagai kebudayaan Nasional.Endah

Dalam pasar malam perayaan Sekaten, kita dapat menemui beragam pernak-pernik khas Yogya dan juga wahana permainan, seperti kuliner khas Yogya, pakaian awul-awul, dan masih banyak lagi. Saya sudah mencoba berkeliling di Sekaten dan mencoba beberapa kuliner dan wahana permainan, perbedaan Sekaten tahun ini dengan tahun kemarin adalah terletak pada antusias warga yang semakin tinggi untuk datang ke acara sekaten ini. Hal ini terlihat dari berjubelnya orang-orang yang terdapat di area Sekaten ini.

Pasar malam ini rutin digelar saban tahun bersamaan dengan datangnya peringatan kelahiran Nabi Muhammad SAW. Seperti yang telah kita ketahui bersama bahwa nama sekaten berasal dari kata “syahadatain” yang berarti dua kalimat syahadat. Perayaan Sekaten di Yogyakarta tahun ini digelar dari 21 Desember 2012 hingga 24 Januari 2013. Sejak dahulu memang pasar malam perayaan Sekaten selalu dilaksanakan selama sebulan penuh di Alun – alun Utara Keraton Yogyakarta.

Setiap malam Sekaten akan dimeriahkan dengan atraksi kesenian, mulai dari jathilan, tari-tarian, musik keroncong, hingga musik dangdut. Setiap kabupaten/kota yang ada di DIY Yogyakarta menampilkan kesenian khas daerah masing-masing. Hal ini menambah ramainya suasana perayaan Sekaten. Dalam PMPS ini juga dilengkapi dengan adanya centre media dan pusat informasi, pusat pengaduan kehilangan dan pos penjagaan keamanan.

Salah satu tips yang dapat saya bagi untuk anda yang ingin berkunjung dan mengikuti suasana perayaan sekaten adalah alangkah baiknya jika Anda menggunakan sepeda motor saja atau lainnya (tidak mobil), karena ramainya jalan sekitar PMPS. Dan jga selalu barang bawaan Anda. Selamat berpetualang di PMPS Yogyakarta.

Oleh : Desi Kurnia W.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s