Grafis | Murni | Kriya | Interior | Eksterior / Listyaning Restiti

Sculpture Art dalam “Pameran Academic Treasure”

Yogyakarta tak hanya menyajikan wisata saja, namun juga sebagai media pembelajaran seni – seni yang nantinya akan menjadi kerajinan yang apik dan bernilai jual tinggi. Salah satu media pembelajaran yang ada di Yogyakarta adalah Institut Seni Indonesia Yogyakarta. dari kampus inilah muncul seniman – seniman muda yang berbakat yang siap mendongkrak dunia seni.

Beberapa pameran – pameran barang – barang berbau seni telah diselenggarakan oleh kampus seni ini. Salah satunya yang sedang hangat adanya pameran acadecic treasure atau hartakarun akademik. Pameran ini merupakan awal dari upaya untuk mengingatkan tentang tradisi akademik di Institut Sni Indonesia Yogyakarta. bukan hanya sebagai arena pertunjukan dari pekerjaan dan inisiatif dari kebesaran lembaga seni yang telah berusia 62 tahun saja, namun juga sebagai pelaksanaan serta refleksi untuk mengingat keberadaan artefak budaya dan hasil dari karya – karya alumni lembaga.

Salah satu hasil seni yang disajikan di pameran ini yaitu sculpture art atau seni patung. Patung dipahat dengan teliti sehingga menampilkan hasil yang tidak mengecewakan dan dapat bernilai tinggi. Pada umumnya sebuah karya memiliki tema yang berbeda – beda. Hal ini juga berlaku pada seni patung itu sendiri. Koleksi patung pada pameran ini berjumlah kurang. Hal ini dikarenakan jumlah mahasiswa yang mendalami seni patung biasanya hanya sekitar 30% dari mahasiswa seni pada tiap tahunnya. Pada umumnya ada beberapa macam material dalam mematung yang diajarkan di kampus ini, misalnya saja kawat, batu, timbal dan lain sebagainya. Sedangkan tekhnik dari mematung sendir diantaranya assembling (merakit), membuat (carving), modeling dan mencetak (casting).

Pada  kampus ini seni patung termasuk dalam seni rupa murni. Termasuk dalam Fakultas Seni Rupa dan Jurusan Seni Rupa Murni, di dalamnya terbagi lagi menjadi beberapa aliran seni yaitu seni lukis, seni patung, dan seni grafis. Program Studi Seni Rupa Murni mengajarkan bahwasanya seni ini diciptakan tas dorangan dari kebutuhan nurani atau spiritual yang bersifat subjektif dan tidak secara langsung terkait dengan kebutuhan praktis atau fungsional. Tujuan pendidikan Jurusan Seni Murni adalah menghasilkan sarjana seni rupa murni yang memiliki kualifikasi mampu mengungkapkan konsep seninya dan mewujudkannya ke dalam karya seni rupa, serta mampu menganalisis berbagai bentuk karya seni rupa murni secara teoritik.

Oleh : Listyaning Restitie

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s