Musik / Pentas | Teater / Sukaenah

GESPER ISI 2012: Indonesia di Era Globalisasi

ISI (Institut Seni Indonesia) Yogyakarta yang merupakan institut pendidikan yang fokus terhadap bidang kesenian ini memiliki beberapa fakultas, salah satunya yakni Fakultas Seni Pertunjukan yang didalamnya juga ada penjurusan lagi, diantaranya seni pendalangan, musik, tari, karawitan, dan sebagainya.

Sebagai sebuah institut pendidikan, Fakultas Seni Pertunjukan ISI memiliki forum kemahasiswaan. Di ISI sendiri forum kemahasiswaan Seni Pertunjukan ini bergabung dalam Forum Karya Seni dan Keilmuan Kemahasiswaan. Dalam forum ini mereka berkreasi, berekspresi dan bebas mengapresiasi segala bentuk seni pertunjukan.

Baru-baru ini, yakni pada tanggal 6 sampai dengan 9 Desember 2012, Forum Karya Seni ini menggelar acara Gesper (Geliat Seni Pertunjukan) 2012 yang mengusung tema “Identitas Bangsa dan Globalisasi”. Dalam acara ini mereka ingin mengangkat geliat seni pertunjukan Nusantara di tengah budaya global. Sebagai mahasiswa yang notabane-nya sebagai salah satu agen kontrol sosial, mereka harus mampu bersikap kritis dan kreatif terhadap persoalan-persoalan yang terjadi pada bangsa ini, baik kaitannya dengan kebudayaan bangsa yang berada dalam kepungan budaya-budaya luar yakni dampak Globalisasi. Dan sebagai mahasiswa Seni Pertunjukan acara ini sangat sesuai dan menarik untuk diapresiasi.

Acara ini juga bertujuan sebagai revitalisasi dan pelanggeng budaya lokal Indonesia yang kini sudah samar-samar terdengar gaungnya, terutama sekali bagi masyarakat Indonesia secara keseluruhan. Hadirnya acara ini diharapkan mampu memupuk rasa cinta terhadap kebudayaan sendiri di sela-sela kebudayaan modern atau globalisasi.

Dalam acara yang berlangsung selama tiga hari ini, Forum Karya Seni ISI Yogyakarta menyajikan beberapa kegiatan seni diantaranya yakni Parade Budaya dan Kesenian Rakyat. Acara ini berlangsung dengan kerjasama dan melibatkan berbagai elemen sosial, baik itu dari mahasiswa seni pertunjukan ISI, mahasiswa Perguruan Tinggi di Yogyakarta, Forum (komunitas) Kesenian Yogya, maupun masyarakat sekitar.

Dengan acara seperti ini dan dengan peran dari akademisi (salah satunya) seperti inilah kesenian lokal Indonesia menjadi suatu kebanggan dan identitas kita sebagai bangsa yang berkarakter dan berbudi luhur.

Oleh : Sukaenah

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s