Grafis | Murni | Kriya | Interior | Eksterior / Listyaning Restiti / Seni Rupa

-Sub Headline- Pahlawan dalam Bingkai Vredeburg

foto restiYogyakarta sebagai salah satu kota saksi bisu perjuangan para pahlawan dalam membela negara Indonesia dari penjajahan Belanda. Mereka berjuang dengan gagah berani dan bergerak tak patah semangat  demi meraih kemerdekaan, dan kala itu Yogyakarta pernah menjadi ibukota negara pada saat agresi militer II tahun 1946.

Salah satu bangunan peninggalan perjuangan pada masa itu, yang dapat Anda temui di Yogyakarta adalah Benteng Vredeburg. Benteng yang kini masih berdiri kokoh dan megah dengan bangunan khas Belanda. Terletak di kawasan Malioboro, kawasan yang tak pernah sepi dengan sederet tempat wisata, Benteng Vredebrug lebih dulu ada. Benteng yang dijadikan markas para penjajah Belanda pada masa itu, kini menjadi sebuah museum yang menampilkan berbagai miniatur, replika ataupun peninggalan perjuangan pada masa penjajahan Belanda pada saat itu. Semuanya dikemas dalam sentuhan modern dengan alur cerita perjuangan masa lalu. Tak kalah menarik dengan miniatur, berdiri kokoh dua patung yang berjajar seolah menyambut kedatangan pengunjung. Berdiri tegap dengan sikap menghormat menunjukkan gelar pahlawannya. Kedua patung tersebut adalah patung Jendral Soedirman dan Letnan Jendral Oerif Soemohardjo. Mereka merupakan pahlawan pembela kemerdekaan Indonesia berdasarkan Surat Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 314 Tahun 1964, pada tanggal 10 Desember 1964.

Kedua patung tersebut berdiri mengapit jalan menuju taman Benteng Vredeburg yang indah dan bersih. Pahatan-pahatan dalam pembuatan patung ini dibuat dengan seksama sehingga hasil yang diperoleh sungguh indah. Patung-patung ini sungguh seperti hidup dan terlihat bijak. Dipahat dengan sentuhan tangan yang telaten hingga menghasilkan seni patung yang rapi dan halus.

Jendral Soedirman dengan gagah berani memimpin pasukannya dengan cara bergerilya untuk membela Yogyakarta dari Belanda, walaupun telah lama mengidap penyakit tuberculosis. Pada saat di Yogyakarta, penyakit yang diderita Soedirman sudah parah sehingga paru-parunya hanya satu yang berfungsi. Atas keberaniannya membela dan mempertahankan Yogyakarta, Soedirman diabadikan dalam bentuk patung yang berada di Benteng Vredebrug ini.

Pahlawan Indonesia lainnya ialah Letnan Jendral Oerif Soemohardjo yang kegigihannya juga diabadikan dengan  patung yang berdiri kokoh di Benteng Vrendebrug. Ia pernah menempuh pendidikan kemiliteran di salah satu perguruan Hindia Belanda. Namanya kini juga digunakan sebagai salah satu jalan besar yang ada di Yogyakarta sebagai bentuk penghormatan atas jasa-jasa yang telah dilakukan dalam membela dan memperjuangkan kemerdekaan Indonesia, terutama di daerah Yogyakarta.

 

Oleh : Listyaning Restiti

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s