Desi Kurnia / Grafis | Murni | Kriya | Interior | Eksterior / Seni Rupa

Museum Vredeburg Yogyakarta, Keindahan Sejarah

desiVredeburg merupakan salah satu bangunan bersejarah di wilayah Yogyakarta, di dalamnya tersimpan beberapa miniatur peristiwa bersejarah. Vredeburg dibangun dengan infrastruktur gaya bangunan Belanda, hal ini terasa dan terlihat dengan jelas ketika memasuki museum ini. Tak hanya bangunan yang bernuansa ala Belanda, desain tata letak untuk taman yang berada di dalam museum Vandeburg ini juga kental akan unsur Belanda.

Benteng ini dibangun sebagai pusat pemerintahan dan pertahanan residen Belanda kala itu. Benteng ini dikelilingi oleh sebuah parit yang sebagian bekas-bekasnya telah direkonstruksi dan dapat dilihat hingga sekarang. Benteng berbentuk persegi ini mempunyai menara pantau (bastion) di keempat sudutnya. Dari sisi depan kita dapat melihat Benteng Vredeburg ini dengan gagahnya, berdiri dengan ketinggian lima meter, berbentuk segi empat dengan parit disetiap sudutnya.

Ketika Anda berada dalam Benteng Vredeburg ini, Anda akan menemukan halaman taman dengan kawalan patung Jenderal Soedirman dan patung Jenderal Oerip Soemohardjo serta patung replika meriam di antara bangunan-bangunan bersejarah yang ada.

Secara umum, taman merupakan perwujudan dari keindahan bangunan yang menambah kesejukan dan kenyamanan suatu tempat tertentu. Taman sebagai tempat menjaga dan melestarikan berbagai macam tanaman maupun bunga, yang tidak jarang dikombinasikan atau ditambah dengan aksesoris lain yang mendukung, seperti bangku/kursi, kolam, patung dan berbagai aksesoris lain yang mendukung. Taman dalam prakteknya memiliki penanganan khusus dalam merawatnya, di dalamnya terdapat seni menata dan mengkombinasikan antar elemen tanaman dan elemen lainnya, sehingga terwujud sebuah sinergi yang menimbulkan keindahan.

Konsep taman sebagai tempat untuk beristirahat dengan nyaman, santai dan sejuk seperti di atas merupakan representasi dari taman Vredeburg. Dengan berbagai tanaman yang hijau serta pohon-pohon yang rindang dapat menjadikan taman Vredeburg sebagai lokasi yang menyenangkan untuk istirahat ketika kita merasa lelah berkeliling museum ini. Taman Vendrebrug menciptakan suasana santai dengan penataan pohon-pohon, patung-patung pahlawan, dan tempat duduk yang diatapi dengan daun-daun. Sebelum memasuki taman museum Vredeburg Anda akan dimanjakan dengan patung senjata perang khas Yogyakarta di sisi kanan dan kiri pintu masuk museum yang menambah sisi nilai perjuangan sebagai sebuah Benteng Vredeburg, dengan tambahan lampu-lampu yang mengelilingi taman yang menambah nilai artistik museum Vredeburg.

 

Oleh : Desi Kurnia W.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s