David Mahendra / Musik / Pentas | Teater / Seni Pertunjukan

Jogja Blues Explosion 2 : Why Blues?

Jogja Blues ExplosionSatu lagi saingan dari event Ngayogjazz di Yogyakarta yaitu Jogja Blues Explosion yang telah diselenggarakan sebanyak dua kali. Pada tanggal 1-2 Desember 2012 yang lalu Jogja Blues Explosion digelar, bertempat di Jogja National Museum yang berada Jl. Amri Yahya, Wirobrajan – Yogyakarta. Event ini diselenggarakan oleh Jogja Blues Forum (JBF) dengan tema “Why Blues?” yang berarti kenapa Komunitas Musik Blues ini memlilih Musik Blues, dengan kata lain mereka ingin memebedah Musik Blues dari berbagai sisi. Berbeda dengan waktu yang diselenggarakan pertama kali, Jogja Blues Explosion yang ke-2 kali ini dilaksanakan non-stop selama 2 hari (pukul 10.00-24.00). Sepanjang waktu tersebut rangkaian acara ini tidak hanya berisi pagelaran musik blues saja, namun Jogja Blues Forum juga ada pameran Art Exhibition yang mengundang delapan komunitas musik blues yang tersebar di wilayah Jawa tengah.

Why Blues?  Sebuah pertanyan yang menggelitik yang diambil sebagai tagline Jogja Blues Explosion 2 (JBE 2). Jika diberi pertanyaan seperti itu mungkin jawaban setiap orang akan beragam. Persepsi mereka akan blues tentunya juga berbeda-beda, tapi justru inilah yang menarik dari sebuah pertanyaan, jika hanya mempunyai satu jawaban tentu sudah tidak menarik lagi untuk diperbincangkan, diperdebatkan dan dieksplorasi dan tidak akan menjadikan sebuah wacana. Justru dengan tagline tersebut JBE 2 sudah melontarkan sebuah wacana yang bisa sangat menarik.

Sebagai gambaran acara, Jogja Blues Explosion 2 akan disemarakkan oleh lebih  dari 50 performers, di dua panggung dalam satu lokasi dan akan diadakan Blues Comunity Award, yaitu sebuah momen penghargaan terhadap beberapa tokoh komunitas Blues yang terkemuka dilingkup DIY. Panggung utama atau Main Stage akan menampilkan kurang lebih tujuh line-up pengisi utama. Selain itu, juga diramaikan oleh puluhan musisi Blues Yogyakarta, masih ditambah lagi dengan beberapa band yang mewakili komunitas blues regional dari delapan kota di Jawa Tengah (Semarang, Solo, Banyumas, Purwokerto, Tegal, Cilacap, Salatiga, dan Magelang). Pengisi utama yang tampil di panggung utama Jogja Blues Explosion 2 ini, adalah para musisi Blues yang telah dikenal luas secara nasional maupun telah mendunia, diantaranya Adrian Adioetomo, The Blues Guardians, Sue Bonnington, Jamphe Johnson dan Jasmine pada Sabtu (01/12/2012). Sedangkan di hari Minggu (02/12/12) puncak seremonial rangkaian Jogja Blues Explosion 2 diramaikan oleh Gugun Blues Shelter dan Ginda and The White Flowers.Jogja Blues Explosion (Source from Jogjastage.blogspot.com)

Kehadiran Gugun Blues Shelter menjadi momen yang paling ditunggu. Karena kedatangan band yang digawangi oleh Gugun (gitar dan vokal), John Amstrong atau Jono (Bass) dan Aditia Wibowo (drum) itu kontan saja membuat suasana panggung menjadi meriah. Ribuan penggemar musik Blues tampak memadati panggung untuk menyaksikan aksi mereka dari dekat.

GBS tampil diatas panggung pada pukul 23.30 WIB. Dalam aksinya selama 60 menit tersebut GBS mengawali konser dengan lagunya berjudul Soul On Fire. Begitu lagu tersebut selesai dimainkan, tanpa banyak basa basi, GBS melanjutkan konser dengan menyuguhkan lagu lainnya seperti Set My Soul On fire, On The Run. Total mereka membawakan enam lagu dalam konser tersebut. “Halo Pie kabare Jogja? Dinikmati yo, aku wis adoh adoh teko Eropa,” sapa Jono, basist GBS asal Inggris yang pada kesempatan itu mengenakan blankon.

Penampilan jazz yang menawan ditutup dengan lagu mereka berjudul Fight For Freedom. Ketika lagu terakhir ini dimainkan Jono serta Gugun, acapkali terlihat pemandangan sedang menunjukkan kebolehan mereka dalam memainkan alat musik yang mereka tenteng. Sungguh membanggakan bisa menyaksikan musisi Indonesia yang sudah mendunia sperti GBS ini.

Oleh : David Mahendra

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s