Eti Purnaningrum / Musik / Pentas | Teater / Seni Pertunjukan

Gelak Tawa “Stand Up Comedy” Akademika

eti22Yogyakarta mempunyai bermacam-macam hiburan, baik lawak tradisional (dagelan) maupun modern yang dikembangkan oleh pemuda-pemudi seperti hiburan yang tergolong baru yaitu stand up comedy.

Siapa yang tidak tau istilah stand up comedy? Ya, sekarang ini stand up comedy sedang menjadi buah bibir sekaligus diminati oleh pelajar, mahasiswa dan orang dewasa. Demam stand up comedy mewabah di kota seni Yogyakarta, bermunculannya banyak komunitas stand up menjadi wadah bagi mereka yang suka dengan kegiatan ini. Selain bermunculannya komunitas joke ini, banyak pula acara yang mengikut sertakan stand up comedy dalam acara ataupun untuk perlombaannya.

Tema Fishum On Air (FOA) yang diusung oleh senat mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora (Fishum), Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta mengadakan lomba stand up comedy di panggung apresiasinya (26-28 November 2012). Tidak sedikit yang mendaftar untuk mengikuti lomba joke ini, lomba ini diikuti oleh warga Fishum yang memang sangat berapresiasi dengan perlombaan stand up comedy. Banyak joke-joke yang ditampilkan oleh peserta lomba, dan ada pula yang sudah berusaha melucu tapi penonton enggan untuk tertawa. Dan hal seperti ini memberikan warna berbeda pada jenis perlombaan ini, hal ini memperlihatkan bahwa stand up comedy sangat diminati oleh kaum muda, walaupun butuh kerja keras untuk bisa mempraktekannya. Tidak sedikit pula yang lancar melempar joke-joke kepenonton panggung apresiasi, karena celotehannya maupun karena tingkahnya yang lucu saat dipanggung. Dari perlombaan ini didapat lima orang yang maju kebabak final dengan nama Nur Fuadi (Ilmu Komunikasi’11), Ahmad Zuhry (Ilmu Komunikasi’10), Anzala (Psikologi’11), Kelik (Ilmu Komunikasi’11) dan Tatang (Sosiologi’11). Kelima peserta ditantang kembali kebolehannya dalam perebutan juara 1,2 dan 3 . Ditantangan ini, peserta harus lebih berusaha lagi memilih-milih bahan joke mereka dan menampilkannya dengan apik (bagus). Dimalam inagurasi acara FOA, pemenang perlombaan stand up comedy diumumkan, mereka adalah Nur Fuad mendapatkan juara pertama, Anzala diposisi kedua dan Zuhry diurutan juara ketiga.

Buat kamu yang hobi bikin joke-joke yang cerdas dan menggagas kamu bisa ikutan komunitas stand up comedy. Lucu itu bukan yang harus berlebihan, namun sederhana tapi melucukan.

Oleh : Eti Purnaningrum

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s