Desi Kurnia / Grafis | Murni | Kriya | Interior | Eksterior / Seni Rupa

Wayang Kulit ala TRB

 

desi 1

Rumah tembi merupakan rumah budaya yang berada di Yogyakarta, tepatnya berada di Jl. Parangtritis Km 8.4 Tembi, Timbilharjo, Sewon, Bantul. Untuk penamaan Rumah Tembi sendiri, di ambil dari nama lokasi tersebut yaitu desa Tembi. Sebenarnya Tembi Rumah Budaya merupakan sebuah hunian seseorang yang cinta dengan kesenian, jadi tak heran jika dalam hunian tersebut terdapat beberapa koleksi benda kesenian dari berbagai daerah, baik benda kesenian untuk pertunjukan maupun hanya sebagai pajangan dari beberapa ruangan yang didesain dengan interior klasik jawa tersebut.

Salah satu bentuk kesenian yang ada di Tembi Rumah Budaya adalah Wayang kulit. Selain untuk koleksi, wayang kulit yang ada di Tembi Rumah Budaya juga digunakan untuk seni pementasan wayang kulit. Benda-benda seni yang berada di Tembi Rumah Budaya ini, adalah koleksi dari Bapak P. Swantoro, yang tidak lain sebagai pendiri Tembi Rumah Budaya ini. Beliau merupakan seorang sejarawan dan mantan wartawan harian Kompas yang gemar mengoleksi benda-benda kesenian. Untuk wayang kulit sendiri, Tembi Rumah Budaya mendapat beberapa koleksi wayang kulit dari daerah Purworejo. Dimana pihak Tembi Rumah Budaya membeli wayang yang telah ditawarkan kepada mereka.

desi 2

Dengan seperti inilah, merupakan salah satu cara  yang digunakan oleh pengelola Tembi Rumah Budaya untuk mendapatkan benda-benda yang memiliki unsur kesenian tinggi. Untuk salah wayang kulit yang terdapat di Tembi Rumah Budaya adalah Wayang Purwa. Wayang Purwa merupakan salah satu pembagian zaman dalam dunia perwayangan di Indonesia.

Cerita berdasarkan kitab Mahabarata dan Ramayana, sampai dengan zaman pemerintahan Parkesit. Setelah itu pada zaman pemerintahan Yudayana sampai zaman Kerajaan Majapahit, disebut dengan wayang madya. Cerita yang berdasarkan zaman Majapahit dan sesudahnya disebut Wayang Gedong.

Dalam percakapan sehari-hari, jika seseorang menyebut Wayang Purwa, yang dimaksudkan Wayang Kulit Purwa atau wayang orang. Asal usul sebutan “Purwa”, pada wayang Purwa ada dua pendapat: pertama. Menurut Tawastri, kala purwa berasal dari kata “parwa”(Bahasa Sansekerta).

desi3

Dirumah Budaya Tembi ini terdapat beberapa kegiatan yang mengandung unsur kesenian, termasuk pada seni rupa, seperti setiap hari Rabu (pukul 10.00-15.00), diadakan demo melukis wayang dan hari Kamis (pukul 10.00-15.00), juga terdapat demo menatah wayang kulit. Tak jarang Tembi Rumah Budaya mengadakan beberapa event pameran kesenian, baik pameran tunggal maupun pameran berkala. Tujuan dari pameran ini adalah apresiasi seni, melainkan bukan komersial.

Oleh : Desi Kurnia W

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s