Eti Purnaningrum / Pentas | Teater

TARIAN GEMULAI DARI TEMBI

 

Suasana alam yang tenang, dihiasi dengan pemandangan persawahan yang membentang hijau ditambah dengan nuansa kental rumah jawa sangat terasa di area rumah budaya ini. Gemercik air sayup-sayup terdengar dari kejauhan dan semilirnya angin menjadikan “Tembi House of culture” Rumah Budaya Tembi (RBT) sebagai tempat yang recommended untuk disinggahi, jika kita sedang berlibur di Yogyakarta. Berlokasi di jln. Parangtritis km 8,4 Tembi, Timbulharjo, Sewon, Bantul Yogyakarta, Rumah Budaya Tembi berada. Tempat ini merupakan sebuah museum yang mengkhususkan pada kebudayaan Jawa, khususnya kebudayaan yang berada di desa Tembi.

Tidak seperti ditempat lain, untuk masuk di Rumah Budaya Tembi kita tidak dipungut biaya sepeser pun. Semua bangunan jawa yang ada difungsikan untuk kegiatan yang berkaitan dengan seni, jadi tidak ada ruangan ditempat ini yang terbiarkan begitu saja. Banyak yang bisa kita nikmati di area rumah budaya ini, seperti museum, kompleks rumah jawa, pemandangan yang indah dan sajian kegiatan yang bernafaskan seni seperti, musik tradisional Jawa, tarian Jawa, dan seni rupa. Selain itu, di tempat yang kental dengan rumah jawa ini juga memiliki banyak kegiatan seni yang bisa kita ikuti. Salah satunya adalah sanggar tari tradisional Jawa, yang fokus mempelajari tarian kreasi baru Jawa. Sanggar tari ini bernama “Sanggar anak tembi” yang berlatih rutin pada hari jum’at jam 16.00 WIB. Tidak hanya anak-anak dan remaja, siapapun  yang berkeinginan belajar tari bisa belajar disanggar ini.

Suasana alam yang nyaman dan tenang membuat proses latihan tari di sanggar anak tembi berlangsung efektif, yakni materi yang diajarkan mudah diserap. Alunan musik jawa terdengar jelas dan penari-penari itupun mulai berlenggak-lenggok gemulai. Gerakannya yang harmonis dan penghayatan dari penari membuat orang yang sedang melihat ingin menontonnya hingga usai. Untuk menambah semangat, Rumah Budaya Tembi juga memberikan beasiswa bagi kaum muda (di bawah 25 tahun) penggiat seni dan budaya yang disesuaikan dengan kriteria yang sudah ditetapkan, dalam hal ini termasuk kesenian tari. Terinspirasi semangat masa lalu bahwa berkarya adalah persembahan, Tembi Rumah Budaya menfasilitasi hadirnya karya seni berkualitas melalui pembentukan kelompok tari serta mendukung produk seni budaya berkualitas lainnya sebagai menifestasi dari usaha penciptaan.

 

Oleh : Eti Purnaningrum

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s