Musik / Seni Pertunjukan / Sukaenah

Musik Klasik Barat Rumah Budaya Tembi

 

Bila Anda berkunjung ke Yogyakarta apakah alasan pertama yang ingin Anda sampaikan? Mungkin salah satunya adalah untuk berwisata. Beragam wisata yang ditawarkan oleh kota ini, dan akan lebih lengkap jika Anda berwisata dengan suguhan-suguhan kesenian karena terkenalnya Yogyakarta sebagai kota budaya. Kali ini saya menawarkan rumah budaya Tembi sebagai referensi tempat wisata sekaligus tempat  budaya yang harus Anda kunjungi di Yogya.

Rumah budaya Tembi yang berokasi di jalan Parangtritis km 8,4 Timbulharjo Sewon Bantul ini menyuguhkan beragam kesenian, baik seni rupa maupun seni pertunjukan. Semuanya tersaji dalam jajaran museum kesenian yang berada di rumah budaya Tembi ini.

Dalam Rumah Budaya ini terdapat Forum Musik, sebuah unit kegiatan dari Rumah Budaya Tembi sebagai wadah untuk berlatih, mengembangkan, serta mengaktualisasikan seni musik. Salah satunya adalah seni musik klasik Barat, yang kini digawangi oleh mahasiswa dari ISI (Institut Seni Indonesia), namun juga membuka lebar kesempatan bagi siapa saja yang tertarik dan berminat untuk ikut di dalamnya. Karena pada hakikatnya Forum musik barat ini adalah forum musik Rumah Budaya Tembi yang sifatnya terbuka bagi umum.

Musik klasik Barat ini memiliki rutinitas pertunjukan tiap bulannya, dan juga pertunjukan wajib setiap tiga bulan sekali, yang diadakan di Rumah Budaya Tembi. Area yang paling sering digunakan adalah di Bale Dokumentasi, namun juga pada dasarnya semua spot yang ada di Rumah Buaya Tembi bisa dipakai. Hal ini juga harus melihat pada kecil besarnya pertunjukan seni musik barat yang diadakan. Seperti pada setiap bulan Mei (acara tahunan), terdapat festifal musik klasik Barat maka akan menggunakan seluruh spot yang ada di Rumah Budaya Tembi ini.

Eropa merupakan kiblat musik klasik Barat ini, seperti musik klasik Jerman dan Prancis yang ada pada era 1700-an hingga saat ini. Seni musik klasik Barat di Rumah Budaya Tembi yang dipelajari pada dasarnya merupakan musik jenis klasik yang masih original dari Barat. Namun dalam perkembangan dan adaptasinya musik klasik Barat ini mengkombinasikan dengan jenis musik pop, jazz, rock, dan lain sebagainya.

Karakteristik pada seni musik klasik Barat ini adalah terdapat pada kedisplinan ilmunya, hal ini senada dengan penuturan Mas Indra, salah satu pemain musik klasik Barat di Rumah Budaya Tembi yang mengatakan bahwa musik klasik Barat menuntut adanya kedisplinan ilmu, kita baca not tidak boleh kurang dan tidak boleh lebih, berbeda dengan musik Jawa misalnya, yang kadang memiliki lebih pelebaran dalam not-notnya.

Alat musik yang digunakan dalam seni musik Barat ini menyesuaikan formasinya, seperti orkestra harmoni yang membutuhkan berbagai elemen alat musik klasik seperti biola, klarinet dan saksofon karena formasinya besar. Sedangkan untuk formasi yang lebih kecil bisa memakai piano, bass, dan sebagainya.

 

 

oleh : Sukaenah

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s