Grafis | Murni | Kriya | Interior | Eksterior / Listyaning Restiti

Wooden Craft Ngayogyakarta

Bicara tentang seni rupa, memang tak akan ada putus-putusnya. Berbagai macam seni rupa telah terlahir di sudut kota. Salah satunya Yogyakarta, dengan karakteristik seni rupanya yang khas dan kuat. Wooden craft atau kerajinan kayu adalah salah satu hasil seni rupa yang terlahir dan berkembang di Yogyakarta ini.

Pasar Seni Gabusan merupakan alternatif utama bagi Anda untuk menemukan wooden craft di Yogyakarta. Pasar Seni Gabusan ini berlokasi di Desa Gabusan Kecamatan Sewon Bantul. Selain seni rupa wooden craft Anda juga dapat menemui beraneka ragam seni rupa lainnya yang tak kalah menariknya karena Pasar Seni Gabusan ini menampung sekitar 444 hasil kerajinan. Di Pasar Seni Gabusan terdapat beberapa Los, Los ini merupakan pengelompokan atau pemisahan seni rupa-seni rupa yang ada berdasarkan bahan baku kerajinannya. Untuk kerajinan seni rupa wooden craft sendiri, Anda dapat menemukannya di Los 10. Sehingga Anda akan lebih mudah menemukan kerajinan seni rupa wooden craft atau kerajinan kayu lainnya.

Pada mulanya, Bupati Bantul membangun Pasar Seni Gabusan ini hanya untuk memperkenalkan dan memasarankan kerajinan penduduk Bantul saja. Namun dewasa ini, Pasar Seni Gabusan telah menampung kerajinan-kerajinan dari luar Bantul, seperti dari Kotagede yang terkenal dengan peraknya.

Kembali pada wooden craft atau kerajinan kayu yang merupakan kerajinan tangan warga Bantul sendiri, di Pasar Seni Gabusan terdapat satu jenis atau bentuk wooden craft yang berbeda dengan  wooden craft yang lainnya, ialah wooden craft batik. Memang batik tidak bisa dipisahkan dari Yogyakarta yang telah menjadi salah satu ciri khasnya, sampai-sampai wooden craft juga, wooden craft batik. Wooden craft batik ini terlihat sangat apik dan elok dengan pahatan dan lukisan kayu dengan corak batik. Corak batik yang melekat pada kerajinan kayu tersebut menjadikannya terlihat mewah dan mahal, namun tetap elegan.

Berbagai bentuk wooden craft batik pun ditawarkan. Ada souvenir yang menyerupai topeng, burung hantu, kendi, patung, kotak perhiasan, gantungan kunci atau hanya sekedar bentuk persegi, yang terjajar rapi di Pasar  Seni Gabusan ini.

Bicara soal harga, wooden craft yang ditawarkan di Pasar Seni Gabusan ini juga cukup variatif tergantung pada kerumitan membuatnya, mulai dari Rp5000 hingga Rp1.000.000, semakin sulit dan rumit pola wooden craft, maka juga semakin tinggi harganya.

Oleh : Listyaning Restiti

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s