Evania Mega Mahardika / Grafis | Murni | Kriya | Interior | Eksterior

-Sub Headline- Ragam Stone Craft Pasar Seni Gabusan Yogyakarta

Bila Anda pertama kali mendengar kata “Pasar Seni Gabusan”, tentunya Anda akan bertanya-tanya apa sih Pasar Seni Gabusan itu? Pasar Seni Gabusan merupakan tempat menarik yang bisa menjadi salah satu option kunjungan wisata Anda di Jogja. Sebenarnya pasar ini sama halnya dengan pasar-pasar lainnya yang aktifitas utamanya adalah jual beli, tawar menawar dan sebagainya, akan tetapi yang diperjualbelikan di pasar ini adalah benda-benda yang mempunyai nilai seni tinggi yang tentunya merupakan hasil kerajinan tangan-tangan terampil para pengrajin seni Jogjakarta. Namanya saja Pasar Seni Gabusan, ya pasti bermuatan seni di dalamnya. Pasar Seni Gabusan ini cocok sekali bagi Anda yang hobi mengoleksi benda-benda kerajinan, terlebih kerajinan khas kota seni Yogyakarta. Dengan Anda berkunjung di Pasar Seni Gabusan ini, Anda tidak harus kelelahan menjelajahi setiap tempat produksi kerajinan yang ada di Yogyakarta, karena di Pasar Seni Gabusan ini semua benda-benda kerajinan khas Jogja ada di sini.

Beraneka macam kerajinan di Pasar Seni Yogyakarta dapat Anda temui di showroom-showroom Pasar Seni Gabusan ini, ada satu los showroom yang dapat mencuri perhatian Anda. Los showroom tersebut adalah Los Stone Craft. Los ke-13 yang ada di Pasar Seni Gabusan ini memamerkan ragam kerajinan yang berbahan baku batu dimana tidak hanya patung-patung saja yang dipamerkan, melainkan juga inovasi ragam stone craft karya para pengrajin batu terampil Yogyakarta.

Para pengrajin batu ini berkreasi dan berinovasi mengikuti dinamika zaman, mencoba mengadopsi dan beradaptasi dengan perkembangan seni yang ada, sehingga orientasi mereka terhadap selera konsumen menjadi prioritas utama. Dinamika waktu seperti sekarang ini, dimana bentuk desain simple, minimalis, namun tetap bernilai seni tinggi merupakan style yang digandrungi khalayak luas. Oleh karena itu, para pengrajin bekerja kerass untuk berinovasi, yang semula hanya berkutat dengan patung-patung, sekarang mereka merambah ke pernak-pernik hiasan rumah seperti candle holder (tempat lilin) dengan bentuk yang beragam, unik, simple dan tentunya artistik. Menjadikan lilin-lilin lebih cantik pada tempatnya.

Selain candle holder, para pengrajin juga berinovasi membuat stone craft untuk tempat dupa, dan pernak-pernik hiasan rumah lainnya yang mampu memperindah hiasan rumah Anda.

Ragam stone craft di atas, merupakan hasil inovasi para pengrajin terampil Yogyakarta. Hal ini perlu mendapatkan apresiasi dan acungan jempol dari kita karena mampu mengubah mindset kita yang semula stone craft hanya berwujud patung-patung saja, kini stone craft dapat divisualisasikan dalam bentuk yang beragam dengan segala keunikan dan nilai artistiknya. Tak heran jika sekarang stone craft ini banyak diminati orang, terutama pecinta stone craft, baik dalam negeri maupun manca negara.

Oleh : Evania Mega Mahardika

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s