Desi Kurnia / Grafis | Murni | Kriya | Interior | Eksterior

-Headline- Bamboo Craft Ala Pasar Seni Gabusan

Bambu memiliki peranan yang begitu besar bagi kehidupan manusia. Mulai dari sebagai perabot atau material rumah, bambu juga diolah dan dimanfaatkan untuk membuat benda-benda kesenian. Di tangan para pengrajin, bongkahan bambu yang awalnya tidak memiliki daya tarik, diolah sedemikian rupa hingga memiliki daya jual yang cukup tinggi dan mampu bersaing di pasar lokal, nasional maupun internasional.

Salah satu pasar lokal yang menyuguhkan olahan seni bambu (bamboo craft)adalah Pasar Seni Gabusan. Pasar yang beralamatkan di Jalan Parangtritis KM 9.5 Bantul Yogyakarta ini, merupakan sebuah pasar Kesenian terkenal yang ada di daerah Yogyakarta. Karena menyuguhkan beberapa benda yang mempunyai cita rasa seni yang tinggi maka masyarakat mengenal pasar gabusan ini sebagai Pasar Seni Gabusan.

Dalam pasar seni gabusan ini terdapat beberapa Los (bangsal) yang menyuguhkan beberapa jenis kesenian. Untuk kesenian bamboo craft sendiri, Anda dapat menemukannya di Los 12. Dengan mudah Anda dapat melihat maupun memilih olahan bamboo craft yang tertata rapi di lemari kaca di Los ini.

Di Pasar Seni Gabusan ini ditawarkan berbagai bentuk seni bamboo craft, dengan kreasi dan olahan original bambu maupun dengan tambahan accesories. Beberapa bentuk hasil seni bamboo craft adalah tutup saji makanan, hanger pakaian, pembatas ruangan, keranjang, piring, hiasan rumah dari bambu-bambu, hingga furniture rumah tangga seperti meja dan kursi. Masing-masing kreasi produk bamboo craft ini memiliki tingkat kesulitan produksi yang berbeda-beda, namun justru kesulitan atau kerumitan itulah yang menjadi salah satu keunikan dan keunggulannya.

Hasil olahan bamboo craft yang terdapat di pasar seni gabusan ini di jual dan ditawarkan dengan beragam harga, berkisar mulai dari Rp10.000 hingga ratusan ribu. Harga-harga tersebut pastinya sudah sesuai dengan tingkat kesulitan bamboo craft yang dihasilkan. “ono rego ono rupo” begitu kata orang Jawa, yang berarti ketika kita menilai barang dengan uang maka menuntut adanya keseimbangan antara kualitas barang dengan kuantitas uang. Tapi tak erlu khawatir, harga-harga yang ditawarkan di Pasar Seni Gabusan ini terbilang terjangkau bagi semua kalangan.

Oleh :  Desi Kurnia

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s