Grafis | Murni | Kriya | Interior | Eksterior / Muhamad Rifefan

-Sub Headline- Wayang Sebagai Konsep Animasi Pertama di Dunia

Seperti kita ketahui bersama, animasi adalah sebuah kumpulan gambar yang seakan-akan bergerak atau hidup karena penggabungan dari gambar satu ke gambar lainnya yang berada dalam sebuah frame. Seperti yang disampaikan oleh Pak Joedo saat saya bertemu dengan beliau di acara gathering JogjAnimation di Taman Budaya Yogyakarta  Animasi memiliki sebuah konsep utama yakni memiliki gambar, bergerak, memiliki alur cerita dan memiliki suara atau backsound”.

Pak Joedo yang juga sebagai salah satu founder dari JogjAnimation menuturkan tanggapannya mengenai apa  konsep dari animasi. Menurutnya konsep animasi pertama kali justru berasal dari Nusantara(Indonesia), kita bisa melihat konsep dari animasi 2 dimensi yang berasal dari kebudayaan nenek moyang nusantara yakni wayang. Konsep yang di maksud adalah ketika wayang tersebut menjadi sebuah cara untuk menyampaikan ajaran islam oleh salah satu Sunan dari Wali Songo yakni Sunan Kalijaga.

Wayang di tampilkan menggunakan layar yang kemudian di belakangnya menggunakan wayang dan penerang sehingga nampak dari depan bayangan atau siluet dari wayang tersebut. Pementasan wayang pada zaman itu pun diiringi oleh suara dalang yang menceriterakan tokoh-tokoh serta alur dari cerita pewayangan tersebut.Bukankah itu juga konsep animasi ? . Di zaman yang semakin modern seperti saat inipun masih ada pementasan wayang yang sudah di lengkapi oleh sinden-sinden untuk memeriahkan pementasan.

Jika konsep wayang animasi 2 dimensi berasal dari wilayah Jawa Tengah,lain pula dengan konsep animasi 3 dimensi yang berasal dari Jawa barat. Mungkin salah satu tokoh yang Anda kenal adalah si Cepot.

Meskipun demikian,film animasi pertama masuk ke Indonesia pada tahun 1955. Atas perintah Bung Karno beberapa orang di Indonesia saat itu di perintahkan untuk belajar Animasi di Walt Disney.  Bapak animasi yang sangat terkenal hingga saat ini adalah Pak Suryadi atau yang akrab di panggil dengan nama Pak Raden. JogjAnimation biasanya menggelar acara “Orasi Animasi” di setiap hari Animasi Dunia yang di sepakati setiap tanggal 28 Oktober.

Oleh : Muhamad Rifefan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s