Evania Mega Mahardika / Grafis | Murni | Kriya | Interior | Eksterior

-Sub Headline- Patung Loro Blonyo Kasongan Yogyakarta

Berbicara mengenai seni, kota Yogyakarta atau yang sering kita kenal dengan ‘Jogja’ langsung terlintas di pikiran kita di antara deretan kota seni lainnya. Yogyakarta adalah kota yang terkenal dengan segudang keseniannya. Oleh karenanya, tak heran jika banyak seniman yang lahir di kota ini. Banyak karya seni yang dihasilkan oleh seniman Jogja yang mampu menarik hati banyak orang. Salah satu hasil karya seni seniman yang banyak diminati adalah seni patung. Banyak patung yang bernilai seni tinggi mewarnai kota Jogja dan menjadi salah satu daya tarik wisatawan yang berkunjung di kota seni ini.

Selain sebagai sebuah hasil karya seni, patung juga bisa dijadikan identitas dari suatu tempat. Seperti halnya patung Garuda Wisnu Kencana atau yang sering kita sebut patung GWK, yang menjadi identitas atau ikonnya kota Bali. Kemudian patung Liberty sebagai ikonnya Amerika Serikat. Dan di kota gudangnya seni ini, Jogja juga tak mau ketinggalan dalam upayanya mencitrakan dirinya dengan patung yang tentunya tak kalah menarik dengan patung-patung yang telah disebutkan di atas, adalah Patung Loro Blonyo.

Sebagiab besar dari Anda Pasti bertanya-tanya, apa itu Patung Loro Blonyo? Patung Loro Blonyo adalah patung yang merupakan perwujudan visualisasi dari Dewa Wisnu dan Dewi Sri, yakni  patung yang berbentuk sepasang pengantin Jawa dalam posisi duduk berdampingan menggunakan pakaian adat Jawa dengan atribut lengkapnya. Patung ini diadopsi dari sepasang patung pengantin milik Kraton Yogjakarta. Dalam bahasa Jawa, ‘loro’ berarti dua atau sepasang, sementara ‘blonyo’ berarti dirias melalui prosesi pemandian dan didandani. Patung Loro Blonyo pada awalnya digunakan sebagai lambang dari dewi padi dan sebagai lambang kesuburan. Kesuburan di sini berarti kesuburan dalam pertanian dan juga kesuburan dalam rumah tangga. Masyarakat Jawa meyakini bahwa patung Loro Blonyo membawa kesuburan dan keharmonisan rumah tangga bagi rumah yang memiliki patung tersebut. Makna simbolik yang terkandung dalam patung Loro Blonyo ini sangat dalam bagi suku Jawa.

Patung Loro Blonyo ini merupakan ciri khas Desa Kasongan Yogyakarta. Desa Kasongan sendiri merupakan nama sebuah desa yang berada di Kabupaten Bantul  Yogyakarta, dimana desa Kasongan sekarang ini dijadikan sebagai “Desa Wisata Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta”. Patung Loro Blonyo menjadi ciri khas Desa Kasongan dikarenakan patung ini adalah patung yang legendaris, laris manis, dan tentunya patung yang paling dicari para wisatawan baik lokal maupun mancanegara. Hal ini dikarenakan adanya kepercayaan bahwa patung Loro Blonyo ini membawa hoki bila ditaruh di dalam rumah. Percaya maupun tidak terhadap mitos patung ini, setidaknya Patung Loro Blonyo ciri khas Desa Kasongan Yogyakarta ini bisa menjadi hiasan etnik di sudut rumah Anda.

Oleh : Evania Mega Mahardika

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s