Derry Ardian Prabowo / Musik / Pentas | Teater

Padepokan Seni Bagong di Yogyakarta

Pada tahun 1978 merupakan tahun pembukaan Padepokan Seni Bagong Kussudiardja (PSBK) secara resmi, sebagai tempat pendidikan kesenian non formal.Padasaat dikelola secara langsung oleh almarhum(alm) Bagong Kussudiardja, PSBK telah melahirkan dan memahirkan seniman-seniman dari hampir seluruh daerah di Indonesia.Selain itu ada pula perwakilan dari negara-negara di kawasan ASEAN.Secara khusus mereka mengirimkansenimandari negaranyauntuk belajar di PSBK. Selain itu, ada dari seniman dan pemerhati kesenian dari negara-negara di kawasan benua Asia, Australia, Eropa, dan Amerika. Keberhasilan dan kesuksesan PSBK tersebut, menunjukkan bukti atas kemauan, kegigihan, kemantapan, semangat, tekad yang bulat dan kesejatian seni yang ada pada diri alm. Bagong Kussudiardja bersama seniman yang ada di PSBK Yogyakarta. Untuk dapat membangun kehidupan manusia yang berdasar pada kekuatan seni yang ada didalam jiwa melalui kesenian.

Bagong Kussudiardja wafat pada tahun 2004, laluPSBK dikelola oleh Yayasan Bagong Kussudiardja (YBK) yang didirikan pada tahun 2006. YBKadalah penerus dari lembaga PSBK dan mulai aktif mengelola pada tahun 2007. Salah satu cara untuk mengenang karya-karya legendaries sang seniman,langkah yang dilakukan adalah dengan menggelar dan menggulirkan program yang bernama Padepokan Seni Bagong Kussudiardja (PSBK) yang didirikan oleh alm. Bagong Kussudiardja pada tanggal 3 Oktober yang dikenal dengan nama ‘Jagongan Wagen’ (JW). Sampai saat ini, PSBK telah menggelarkan jagongan wagen selama sekitar 4,5 tahun di PSBK.

Oleh karena itu, pada tanggal 3 Oktober diperingati hari berdirinya Padepokan Seni Bagong Kussudiardja. Sudah sepatutnya kita generasi muda mencontoh kegigihan dan rasa optimisme sang seniman ini. Sebagai warga  Indonesia, kita bisa berbangga atas seni kebudayaan yang ditorehkan dan dikenal di negara-negara sahabat.Semoga padepokan seni ini, yang sudah ada sejak tahun1978 sampai dengan tahun 2012ini, PSBK bisa terus eksist dengan karya-karyanya yang melegenda.Sekaligus membangun harapan yang mulia ke arah masa depan dengan berkarya dan berseni khususnya pada PSBK sendiri.

Oleh : Derry Ardian P

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s