Dani Safitri / Grafis | Murni | Kriya | Interior | Eksterior

Ngukir Tubuh di Malioboro

Julukan Yogyakarta sebagai kota budaya sangatlah cocok untuk menggambarkan propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta ini. Karena memang jika berbicara perihal kesenian, bejibun karya seni budaya yang didapati di kota ini. Salah satu jenis seni di kota yang cukup nyeni ini adalah seni  temporary tatto. Jenis seni ini dinamakan temporary tatto karena daya tahan tatto ini hanya mampu bertahan satu minggu sampai kurang lebih satu bulan saja.

“Sebenarnya temporary tatto sudah ada di negara Indonesia sejak sekitar tahun 1985-1987. Pada saat itu memang yang marak baru di pulau Bali saja, namun seiring berjalannya waktu, saat ini seni tatto dapat dijumpai di berbagai kota besar di Indonesia termasuk salah satunya di Yogyakarta ini”, Ujar Tedy, salah satu pengrajin temporary tatto di jalan Malioboro. Di Yogyakarta, seni temporary tatto ini dapat dijumpai di sepanjang jalan Malioboro, lebih tepatnya pada jam kerja pukul 09.00 am-09.00 pm WIB. Kehadiran pelukis-pelukis tubuh seperti ini, menjadikan kawasan Malioboro sebagai jantung kota Yogyakarta semakin semarak. Terlebih lagi karena banyaknya pendatang lokal maupun luar kota Jogja yang datang dan turut menghiasi tubuhnya dengan tatto sementara ini.

Dulunya, seni temporary tatto yang ada di kawasan Malioboro ini hanya menyajikan gambar-gambar seperti tribal dan berbagai kreasi bunga saja, namun saat ini sudah berkembang sangat pesat dengan ditawarkannya gambar yang sedang nge-trenddikalangan masyarakat (misal: angry birds, dragon ball, dsb). Kemajuan gaya desain tatto semacam ini sudah barang tentu didorong oleh kemampuan senimannya. Berbicara mengenai seniman, seniman tatto di kawasan Malioboro ini bukanlah seniman ebel-ebel, karena kemampuannya dalam mendesain tatto yang semakin dapat diandalkan.

Untuk ukuran hasil ukiran tatto yang memuaskan ini, angka yang ditawarkan mulai dari Rp10.000, harga tatto ini tentunya masih tergantung pada besar kecilnya tatto yang diinginkan oleh pihak pembeli. Namun seperti halnya di pasar dimana ada istilah “tawar-menawar”, disini juga Anda dapat melakukan penawaran harga tattoo. Sehingga ada kepuasan tersendiri mengenai hasil tatto yang diinginkan dengan budget yang kita miliki.

Oleh : Dani Safitri

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s