Eti Purnaningrum / Grafis | Murni | Kriya | Interior | Eksterior

Human Interest di Kota Seni

Yogyakarta merupakan salah satu kota yang melahirkan fotografer berbakat. Dunia fotografi saat ini sedang menjadi  primadona, apalagi dikalangan  kaum intelek muda. Awalnya coba-coba lama-lama jadi hobi, ada pula yang dijadikan sebagai profesi. Berbincang seni fotografi, human interest adalah salah satu seni dalam pengambilan objek foto yang akan kita ambil. Fotografi human interest secara mendasar  terdiri dari tiga unsur kata, “Fotografi” yang artinya menangkap cahaya (gambar), “Human” yang berarti  manusia dan “Interest” yang artinya menarik. Jadi Fotografi Human Interest  bisa diartikan sebagai gaya mengambil gambar yang  menitikberatkan manusia sebagai objek dengan segala aktivitasnya, yang menarik untuk diabadikan.

Setumpuk aktivitas manusia yang beragam membuat kita dengan mudah menemukan objek untuk diabadikan dalam kamera kita. Tentunya, tidak semua aktivitas atau kegiatan manusia bisa kita abadikan begitu saja.  Bukan karena kemudahan dalam menemukan objek saja, tetapi lebih tepatnya terpicu oleh apa yang dilakukannya menyentuh hati sang fotografer. Baik aktivitas  kehidupan sehari-hari dalam suatu adat budaya, pekerjaan, perayaan ataupun upacara adat yang terlihat biasa bagi orang-orang awam tetapi sangat menarik oleh seorang fotografer  yang mungkin tidak sengaja sedang melintas .

Pada umumnya foto human interest  menggunakan objek yang didalamnya menyertakan keberadaan sosok manusia. Kenapa demikian?,  karena perasaan hati manusia  akan lebih tergugah  ketika menyaksikan suatu kondisi ataupun  keadaan  yang dengan mudah memunculkan simpati dan juga empati pada  kondisi dan keadaan  dimana kita sebagai manusia  berada dalam dinamika kehidupan ini. Di Yogyakarta sendiri seni human interest dapat diabadikan diberbagai kesempatan. Biasa yang menjadi objek berupa orang-orang yang berada pada kegiatan ritual, seni, kegiatan seniman dan sebagainya

Apa saja yang harus kita persiapkan dalam menghasilkan foto dengan seni human interest ? Ada beberapa hal yang harus kita persiapkan sebelum hunting foto, seperti :

  1. Survei tempat (biar ada tujuan jelas)
  2. Siapkan peralatan foto kita : kamera DSLR, kamera digital, kamera hanphone (tergantung mau menggunakan media yang mana)
  3. Tentukan Objek yang akan diambil
  4. Lakukan pengambilan gambar

Untuk mendapatkan hasil foto dengan seni human interest, awal yang perlu kita lakukan adalah terus berlatih dan juga didukung dengan optimisme yang tinggi. Karena dengan hal tersebut kita akan terlatih dan lebih paham mengenai seni human interest ini.

Oleh : Eti Purnaningrum

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s