Musik / Nur Irfan dwi Prasetyo / Pentas | Teater

-Headline- Jagongan Wagen

Apa itu Jagongan Wagen? Untuk mengetahuinya akan dibahas dalam artikel di bawah ini. Jagongan Wagen merupakan sebuah padepokan seni yang berisikan tentang hiburan yang sarat mengandung seni kebudayaan tradisional maupun modern. Jagongan Wagen juga termasuk wadah untuk mengembangkan kreatifitas individu maupun kelompok, khususnya hal-hal yang berbau seni kebudayaan.  Padepokan ini adalah hasil dari jerih payah orang-orang yang sangat peduli tentang seni kebudayaan daerah. Disinilah kebudayaan yang hampir hilang ditelan globalisasi modern akan dipupuk kembali, dan akan digabungkan dengan budaya modern sehingga muncul  hasil akulturasi  dari penggabungan tersebut.

Sejarah berdirinya Jagongan Wagen adalah dari seorang bernama Bagong Kusudiarjo (alm) yang merupakan pencetus sekaligus pendiri dari padeokan Jagongan Wagen. Beliau berkomitmen agar kebudayaan dan seni budaya yang telah luntur dibangkitkan kembali. Setelah beliau wafat para penerusnya mendirikan yayasan yang diberi nama Yayasan Bagong Kusudiarjo (YBK). Karena jasa-jasanya, hingga saat ini padepokan jagongan wagen  masih eksisthingga saat ini. Tujuan dari padepokan ini adalah memberikan suguhan yang memperkaya seni di Indonesia. Selain itu, padepokanjuga  ingin merekatkan seni kepada masyarakat khususnya di daerah Yogyakarta. Jagongan Wagen merupakan perwujudan seni dan kebudayaan tradisional dan “merangsang” kebudayaan yang telah pudar. Yayasan ini mengolah dan memproses seni dan menggunakan media sebagai alat untuk pengembangan daya kreatif seseorang. Jagongan Wagen berada di desa kembaran rt 04 /rw 21 Tamantirto, Kasihan, Bantul,  Yogyakarta.

Padepokan  ini sering mengadakan beberapa pertunjukan yang sangat menarik. Seperti pagelaran yang diselenggarakan rutin satu kali pada setiap bulan dan terbuka untuk umum. Acara yang sering ditampilkan adalah tari-tari daerah, drama, wayang kulit, wayang golek, wayang boneka, dll. Acara yang paling diminati adalah dagelan ala orang Yogyakarta. Dagelan merupakan sebuah lawakan dan guyonan yang khas dengan budaya jawa.  Adanya dagelan juga bertujuan memupuk budaya seni yang mulai pudar, mengajak agar hubungan antar manusia khususnya tata krama masih dijunjung tinggi terlebih di kota istimewa ini. Dalamdagelan,  biasanya mereka mengundang tokoh seni yang terkenal yang ada di Yogyakarta. Seperti pada kesempatan yang lalu tampil Den Baguse Ngarso seorang pelaku seni dagelan ternama di  Yogyakarta. Dalam tiap penampilan mereka akan dilatih para senior padepokan yang berpengalaman. Mereka memberikan beberapa arahan yang khusus kepada pelaku seni dari nol hingga mereka mahir dan siap naik atas panggung. Pada padepokan disediakan tempat berlatih tari, drama, komedi (dagelan), serta berbagai wayang tradisional.

Oleh Nur Irfan Dwi P

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s