Endah Amanah / Musik / Pentas | Teater

“Enggang Melenggang” yang Semakin Melenggang

Jogja, kota pelajar sekaligus kota budaya yang penuh dengan keunikannya. Di kota ini banyak lahir seniman muda berbakat yang menambah keunikan kota Jogja. Seni-seni dari daerah lain juga turut meramaikan kesenian kota Jogja.

Salah satunya berdiri sebuah sanggar tari tradisional dari Pulau seberang. Sebuah sanggar tari tradisional Kalimantan Timur yang berdiri sejak tahun 2006. Walaupun pada tahun 2010 sempat vakum, akan tetapi pada tahun 2011 mulai kembali aktif sampai sekarang. Enggang Malenggang ini diketuai oleh M. Topan Samudra. Enggang Malenggang ini tidak berdiri sendiri, melainkan di bawah naungan AMKT Mangkaliat.

Pada tanggal 7 Juli 2012 kemarin, Enggang menampilkan tarian khas dari Kalimantan Timur sebagai garapan pertama mereka, pentas pada acara “Festival Malioboro 2012 Sound of Jogja” di Monumen Serangan Oemoem Satoe Maret. Tarian yang ditampilkan yaitu tarian “Ledoh Menyut” yang berasal dari bahasa Dayak. Ledoh sendiri artinya wanita atau gadis, sementara Menyut artinya mencuci. Dengan gerakan menyerupai orang mencuci dengan disertai atribut seperti baskom, tarian menggambarkan tentang kebiasaan gadis-gadis suku Dayak Kenya yang pada setiap sore, mereka pergi ke sungai untuk mencuci dengan penuh kegembiraan.

Garapan pertama ini di garap oleh Recky, sementara musiknya digarap oleh Sadam. Persiapan tarian ini sendiri hanya berlangsung selama beberapa hari saja. Tarian khas yang berdurasi sekitar 15 menit memiliki gerakan yang unik dan penuh makna yang dibawakan oleh para penarinya dengan iringan musik yang unik pula.

Sambutan dari penontonnya pun sangat meriah.  Ini adalah hasil dari kerja keras mereka. Mereka semua berusaha keras, fokus latihan dengan waktu yang sangat pendek demi menampilkan salah satu persembahan terbaiknya. Dan hasilnya pun sangat memuaskan semua pihak, terutama dari pihak Kaltim. Mereka sangat bangga melihat penampilan seperti ini. Tampil allout dan perfect tentunya.

Harapan untuk kedepannya, Enggang akan menampilkantarian-tarian khas lainya yang tentunya tidak kalah menariknya. Tarian khas yang lebih oke, lebih dahsyat dan semoga sukses terus dalam setiap kali tampil. Dan mudah-mudahan bisa mempersembahkan tarian-tariannya sampai ke tingkat Internasional.

By : Endah Amanah

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s