M. Adhin Nugroho / Musik / Pentas | Teater / Seni Pertunjukan

UNSTRAT UNY, Perjuangan Pelestarian Budaya

Disaat putra-putri bangsa mulai enggan untuk berekspresi dalam dunia sastra, para mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) tetap berjuang menghidupkan kesasteraan di jiwa para generasi muda Indonesia. Pada tahun 80an kumpulan para mahasiswa UNY pecinta sastra sering mengadakan forum yang bertekad menghidupkan sastra dan teater dikalangan mahasiswa UNY, salah satu pelopornya adalah bapak Sumitro A Sayuti dimana beliau sekarang adalah guru besar Fakultas Seni dan Bahasa UNY. Berawal dari acara mengenang Chairil Anwar para sastrawan-sastrawan UNY berekspresi melalui karya-karya mereka dan mementaskan kemampuan mereka dalam bersastera dan berteater, hingga pada akhirnya berdirilah Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) UNSTRAT yang diresmikan pada 12 Oktober 1984.

Melalui UKM UNSTRAT inilah mahasiswa dan mahasiswi UNY menyalurkan ilmu, bakat dan minat mereka dalam dunia sastra dan teater. Berbekal dari ilmu pengetahuan dan pengalaman, para mahasiswa UNY saling menularkan ilmu pengetahuan kepada teman-teman mereka, hingga dalam perkembangannya UNSTRAT tidak hanya berkonsentrasi dalam dunia sastra dan teater saja, bahkan UNSTRAT telah merambah ke dunia sinematografi. Jadi mulai tahun 2001 UNSTRAT terdiri atas tiga konsentrasi, yaitu:

  1. Sastra
  • Penulisan naskah drama
  • Penulisan naskah film
  • Penulisan cerpen
  • Baca puisi

 

  1. Teater
  • Monolog
  • Produksi teater
  • Teater gerak
  • Penyutradaraan
  • Keaktoran
  • Pantomim

 

  1. Sinematografi
  • Film pendek
  • Video clip
  • Iklan

Dimana dari masing-masing konsentrasi itu wajib menghasilkan karya untuk setiap tahunnya. Dari sekian banyak konsentrasi dalam UNSTRAT, salah satu konsentrasi yang paling unik adalah teater, dimana dalam konsentrasi teater ada seni pertunjukan ” Pantomim”. Pantomim adalah pertunjukan parodi yang dalam komunikasinya tanpa menggunakan dialog atau suara melainkan menggunakan ekspresi wajah dan ekspresi perilaku. Pantomim merupakan salah satu seni yang tidak mudah untuk dipelajari dan sangat sedikit yang mahir untuk berpantomim. Inilah yang membuat UNSTRAT berbeda dan unik dibandingkan dengan Unit Kegiatan Mahasiswa lainnya, bahkan di Yogyakarta sendiri seni pantomim masih sangatlah sedikit. Berbekal pengetahuan dan pengalaman, para senior di UNSTRAT menularkan dan mengajarkan seni ini dengan percuma kepada para adik-adik juniornya. Melalui pantomim para seniman UNSTRAT selalu mencoba mengkritik atas kebijakan pemerintah yang tidak memihak kepada rakyat kecil, menkritik kebijakan Universitas dirasa merugikan mahasiswanya, tetapi dengan cara yang unik, mengglitik, menghibur dan tentunya berisi kritikan yang membangun. Dari seni pantomim inilah UNSTRAT memiliki banyak penggemar yang selalu menunggu penampilan dan karya-karya yang lainnya.

Walaupun UNSTRAT berkonsentrasi di unit studi UNY tapi UNSTRAT juga aktif dalam perkumpulan teater-teater antar Universitas di Yogyakarta. Dalam perjalanannya yang paling membanggakan adalah UNSTRAT telah mendapatkan jadwal khusus untuk pentas menampilkan karya-karyanya di Taman Budaya Yogyakatya (TBY) jalan Malioboro, sehingga para penggemar sastra, teater dan pantomim UNSTRAT dapat menikmatinya disana. UNSTRAT sendiri sering mengirimkan para seniman dan sastrawan mereka kedalam perlombaan sastra dan teater kancah nasional dan mendapatkan penghargaan didalam event tersebut. Sungguh suatu prestasi yang luar biasa yang telah dilakukan oleh teman-teman kita dari UNSTRAT,dimana mereka mencoba menorehkan tinta emas dalam lembaran-lembaran dunia sastra dan teater. Terus berjuang, berkarya dan berprestasi di dunia sastra dan teater.

Bagi pembaca yang berminat untuk belajar dan menyaksikan penampilan teman-teman UNSTRAT dapat menghubungi sekretariatan UNSTRAT di Student Centre UNY lantai tiga.

Cp: 083840172418 (Yahya)

Unstrat.blogspot.com

 

Reported By : M.Adhin

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s