Alva Thoriq Aziz / Grafis | Murni | Kriya | Interior | Eksterior / Seni Rupa

SERUFO, Sayap Kesenian UNY

Bersih Cemerlang Indah Tertata, itulah sebuah makna kata yang sangat menggugah selera seni seseorang. Sebuah komunitas yang didirikan pada 4 November 1998, yang pada awalnya hanyalah sebuah keisengan dari mahasiswa seni rupa Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) yang kemudian menjadi sebuah komunitas yang eksis di kalangan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Universitas ini, sebut saja Serufo (Seni rupa dan Fotografi). Berdasarkan namanya, Serufo merupakan wadah belajar dan berekspresi dalam bidang seni rupa dan fotografi bagi mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta.

Penekanan dalam teknik menghasilkan karya seni rupa dan fotografi sangatlah penting, begitupun Serufo dengan pelatihannya akan teknik yang dilakukan secara tematik perbabnya, yang digiatkan dua kali dalam seminggu bagi anggota seni rupa maupun fotografi. Selain itu juga diadakan pelatihan setiap minggunya untuk bimbingan lomba karya mingguan dengan bimbingan dari senior Serufo sendiri.

Karya merupakan sebuah wujud eksistensi dari sebuah UKM, Serufo dengan karya-karya para anggotanya mampu menunjukkan betapa komunitas ini mampu bersaing di era kompetisi yang hebat ini. Dengan melakukan pameran rutin yang diadakan dua sampai tiga kali setiap tahunnya, dengan puncak acara di akhir tahun sebagai penutupnya. Dan untuk jangka pendek ini, Serufo akan mengadakan pameran pada tanggal 4-6 November yang bertempat di Pascasarjana ISI.

Belum sempurna jika sebuah UKM hanya berkecimpung di kampusnya sendiri, Serufo dengan kepakan sayapnya mampu terbang ke luar UNY dan menjalin kerjasama, diantaranya adalah kerjasama yang terjalin cukup lama antara Serufo dan Forkom, sebuah komunitas seni rupa Yogyakarta.

Dengan perjuangan dan keeksisannya selama empat belas tahun ini Serufo telah melahirkan banyak alumni yang jumlahnya lebih dari 500 alumni, sedangkan pada tahun ajaran baru 2012 ini sendiri terdapat 150 mahasiswa yang bergabung dengan Serufo.

Namun Serufo bukanlah apa, jika tidak ada ruh didalamnya. Ruh yang membuat Serufo besar seperti saat ini. Terdapat empat founding father yang menjiwai dan melatarbelakangi berdirinya UKM Serufo di UNY ini, untuk menyalurkan minat dan bakat mahasiswa UNY. Dan hal ini perlu mendapat apresiasi dan ucapan terimakasih pada para founding father Serufo, salah satunya adalah Mbah Trimbil.

Jika Anda ingin berkunjung ke UKM Serufo, datang saja ke Gedung Student Center UNY lantai satu sayap Timur. Atau bagi Anda yang tertarik dalam dunia seni rupa dan fotografi dapat mengakses di blog serufo-uny.blogspot.com atau follow twiter @serufouny.

Narasumber : nova (ketua Serufo) dan tyas.

Reported By Alfa Thoriq Aziz

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s