David Mahendra / Musik / Pentas | Teater / Seni Pertunjukan

Qasidah, Seni Orkes Gambus Al-Jami’ah

Awal kehadirannya lebih dikenal sebagai UKM Aljami’ah. Seiring dengan lahirnya generasi baru maka  Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) ini menyebut namanya dengan UKM Orkes Gambus Al-jami’ah atau UKM OGA. OGA merupakan unit kegiatan mahasiswa di bidang musik di Universitas Islam Negeri  (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta. Komunitas ini didirikan pada tanggal 4 April 1981 dan telah melalui perjalanan panjang dari sejak kampus UIN masih bernama IAIN Sunan Kalijaga. Ruslan, salah satu anggota OGA mengatakan bahwa genre musik yang diusung OGA adalah gambus, qosidah dan dangdut, tetapi musik gambuslah yang lebih diutamakan, karena latar belakang OGA ini adalah UIN yang berbasis Islam. Namun dalamperkembangannya, pengaruh musik lain juga menjadi bagian dari musik OGA, sejak tahun 2008 justru musik dangdut yang lebih banyak dimainkan ketika melakukan pementasan tanpa meninggalkan musik gambus dan qosidah.

OGA baru saja melakukan Open Recruitment bagi anggota baru yang ingin bergabung dan pendaftarannya akan ditutup pada kahir bulan Oktober ini. Ruslan menambahkan OGA mempunyai tahapan kaderisasi yang bertingkat untuk anggota baru, jika peserta lolos dari tahapan audisi maka akan dilanjutkan dengan workshop untuk menentukan posisi mereka dalam bermusik, kemudian barulah diadakan pentas mandiri bagi anggota baru ini. Setelah semua tahapan itu selesai maka anggota baru siap untuk bergabung dengan anggota OGA yang lain. UKM yang dipimpin oleh Habib Mansyur, Mahasiswa Fakultas Adab ini mempunyai jadwal latihan setiap selasa malam mulai dari pukul 18.00 di Gedung Student Center, lokasi sekretariat, base camp dan studio OGA di tutup pada pukul 22.00 dan latihan ini rutin dilakukan setiap selasa malam sebagai persiapan OGA ketika akan tampil di sebuah acara pementasan.

Pementasan UKM OGA sangat beragam, mulai dari Show di PKD PMII UIN Sunan Kalijaga hingga tampil di acara pernikahan. Komunitas musik gambus ini telah meraih beberapa prestasi diantaranya, juara tiga di Pekan Seni dan Olahraga Mahasiswa Nasional sebagai perwakilan dari UIN Sunan Kalijaga. OGA juga ikut berpartisipasi dalam Kontes Dangdut Indonesia pada tahun 2005 dan masuk 10 besar pada tahun 2010 di Yogyakarta. Prestasi ini hadir karena kerja keras anggota OGA dengan giat berlatih dan mempunyai target untuk tampil dalam pementasan minimal lima kali dalam sebulan. Rata-rata pementasan OGA dilakukan dalam sebuah acara pernikahan untuk menghibur undangan yang hadir, dan kebanyakan OGA diundang untuk melakukan pementasan di luar daerah. Karya cipta personel OGA telah banyak dipopulerkan oleh grup­-grup Qosidah nasional seperti Nasidaria, Nidaria, El-Hawa dan lain-lain. Dan di masa-masa ini OGA tengah mempersiapkan pembuatan master lagu-lagu produksi OGA, yang sebagian kecil telah di-on air-kan oleh RRI Yogyakarta.

Jadwal pementasan atau show yang padat ini memberikan efek positif bagi OGA yaitu bisa membeli alat musik yang baru serta memperbaiki keuangan organisasi. Lebih lanjut Ruslan mengatakan bahwa hasil kerja keras tidak hanya memberi manfaat bagi skill bermusik anggota OGA tetapi juga berupa keuntungan finansial. Terbukti dengan pemasukan OGA yang lebih besar dibandingkan dengan UKM lainnya di UIN. Ruslan juga menambahkan  bahwa pemasukan UKM OGA pada tahun lalu mencapai 24 juta rupiah. Hal yang lebih membanggakan lagi adalah OGA telah telah merampungkan proyek album perdana yang berjudul “Tawakkal”pada tahun  2012 ini.Hingga sekarang jadwal pementasan OGA masih terbilang padat, dengan begitu Ruslan menekankan bahwa anggota OGA harus menjaga kebersamaan dan saling menghormati sehingga kekompakan terus terpelihara dan keberlangsungan UKM ini tidak terancam keretakan yang bersifat destruktif. OGA menjadi contoh bagi UKM lain untuk bisa produktif dari sisi skill maupun secara finansial karena OGA bisa menghidupi dirinya sendiri bahkan bisa membantu anggotanya.

 

Reported by David Mahendra

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s