Evania Mega Mahardika / Grafis | Murni | Kriya | Interior | Eksterior / Seni Rupa

NEON, Lensa Fotografi UIN Sunan Kalijaga

Untuk edisi kali ini Seni Jogja akan membahas salah satu komunitas kampus yang ada di Yogyakarta yang bergelut di dunia seni rupa kontemporer yang tentunya menarik untuk kita bahas, yakni komunitas fotografi. Komunitas yang akan dibahas secara mendalam adalah komunitas fotografi di kampus-kampus Yogyakarta, salah satunya adalah UIN (Uinversitas Islam Negeri) Sunan Kalijaga dengan komunitas fotografinya, NEON. Setidaknya NEON sudah cukup akrab didengar bagi para pecinta fotografi di Yogyakarta, dan tentunya untuk para mahasiswa UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Nah, bagi kamu yang belum tahu banyak mengenai NEON, mari kita telusuri tulisan ini lebih dalam…

Awal mula terbentuknya NEON dilatar belakangi oleh kegelisahan mahasiswa-mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial Humaniora (FISHUM) yang merasa tidak memiliki wadah untuk berkarya dalam seni fotografi. Dan kemudian atas inisiatif mahasiswa-mahasiswa tersebut, pada tahun 2007 dibentuklah komunitas sederhana yang kemudian diberi nama NEON. Komunitas ini masih komunitas independent bentukan mahasiswa FISHUM yang diharapkan mampu menjadi wadah bagi mahasiswa pecinta fotografi di fakultas tersebut.

Komunitas NEON mengacu pada tujuannya merupakan wadah belajar bersama dalam dunia fotografi bagi para pecinta fotografi khususnya bagi para mahasiswa FISHUM UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Nama NEON sendiri dipilih karena komunitas ini mencari nama yang berbeda dari komunitas fotografi lainnya yang biasanya selalu menggunakan nama-nama yang menyangkut anatomi kamera, misalnya lensa, fokus, aperature, zoom, tripod, dll. Maka dari itu dipilihlah nama NEON yang merupakan benda yang sama-sama dapat menghasilkan cahaya, dan fotografi sendiri berasal dari kata photo yang artinya cahaya.

Kegiatan rutin yang diadakan dan paling diprioritaskan oleh NEON ini adalah kumpul bareng sharing all about photography yang biasanya diadakan setiap dua minggu sekali di area taman FISHUM. Kegiatan lain yang juga diprioritaskan adalah hunting foto bareng yang dijadwalkan setiap seminggu sekali.  Aktifitas hunting foto bareng ini terkadang juga terjadi tak terduga, dan frequensinya bisa mencapai tiga kali dalam seminggu. Selain kedua aktifitas penting tersebut, ada juga aktifitas lain yang tidak kalah penting yang dihelat oleh komunitas ini, yakni pameran fotografi. Pameran fotografi ini biasanya diadakan di FISHUM UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Namun agenda kegiatan pameran ini belum terjadwal, “Ketika kita ada dana, saat itu juga kita mengadakan pameran. Soalnya NEON belum punya inventaris panel/pigura. Kalau ada donatur buat NEON, alhamdulillah sangat diterima”, canda Ian selaku punggawa dari komunitas NEON ini.

Komunitas NEON juga bekerja sama dengan berbagai komunitas fotografi lain seperti Tripod, yakni komunitas fotografi APMD. Selain itu NEON juga bekerja sama dengan Rio Pharaoh seorang praktisi photografi yang sekaligus owner Studio Violet Eyes Photography.

Hingga saat ini jumlah member NEON lebih dari 100 orang yang diperoleh melalui “word of mouth” atau dari mulut ke mulut. Dan untuk kedepannya, komunitas ini menginginkan komunitas NEON semakin sukses, eksis dan semakin dikenal oleh banyak orang, dan tentunya berharap semakin banyaknya prestasi yang diraih oleh anggota-anggota komunitas NEON.

Jika kamu seorang pecinta fotografi yang berada di Yogyakarta dan tertarik untuk bergabung ke komunitas NEON ini caranya gampang banget. Cukup datang ke stand pendaftaran NEON yang bertempat di Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora (FISHUM) UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Dan untuk info lebih lanjut mengenai NEON atau ingin sharing mengenai dunia fotografi dengan komunitas ini , joint saja di www.facebook.com/groups/Neonphoto atau follow twitter @neonphotoclub, karena komunitas NEON ini terbuka untuk umum.

Reported By Evania Mega Mahardika

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s