Eti Purnaningrum / Musik / Pentas | Teater / Seni Pertunjukan

-Headline- Aksi Wacana Panggung Teater ESKA

“Pada perjalanan embun

Yang beranjak mengintip siang

Urat lehermu mulai bersuara

Pada denting pecahan beling, plastik juga

Juga pecahan-pecahan batu karang

Yang diam dalam satu karangan

. . .”

Indah, kata yang tergambarkan dari bait-baitan puisi di atas. Puisi tersebut adalah penggalan dari puisi yang berjudul “Sekepal Harapan” karya M. Toyu, salah satu anggota dari komunitas seni Teater Eska di Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Teater Eska adalah salah satu dari banyak komunitas seni teater yang ada di kota  Jogja. Komunitas ini adalah salah satu unit kegiatan mahasiswa (UKM) yang ada di UIN Sunan Kalijaga, Yogyakarta. Kata ESKA sendiri merupakan akronim fonologis dari Sunan Kalijaga, yaitu huruf “S” untuk Sunan dan “K” untuk Kalijaga. Pendirian Teater Eska ini ditandai  dengan pentas drama “Kesadaran yang Kembali” pada 18 Oktober 1980. Kehadiran seni teater ini, secara langsung maupun tidak langsung adalah dari dorongan oleh berbagai pemikiran dan kegiatan seni di IAIN (sekarang  beralih menjadi UIN) yang berlangsung sebelum lahirnya Teater Eska. Sebut saja Umbu Ladu Paranggi, Badjuri Abdullah Yusro, Rendra, dan juga seniman dari IAIN sendiri.

Istilah teater adalah kata lain dari drama. Menurut  Heru Purwanto  dalam bukunya ‘Seni rupa’ teater dalam pengertian yang lebih luas adalah proses pemilihan teks atau naskah, penafsiran, penggarapan, penyajian atau pementasan dan proses pemahaman atau penikmatan dari audience. Proses penjadian drama ke teater disebut prose teater atau disingkat berteater. Seni drama ini memiliki daya tarik tersendiri, yakni belajar tentang kehidupan yang diaplikasikan kedalam kehidupan, selain itu teater juga bagian dari seni dan bisa dijadikan untuk menggali  keingintahuan potensi diri dalam kaitannya dengan seni teater dalam dirinya.

Komunitas seniman teater ini banyak mengikuti event-event besar seperti Festival Teater Mahasiswa Nasional (FESTAMAISO), Temu Teater Mahasisw Nusantara (Temu Teman), Festival Kesenian Yogyakarta (FKY), Temu Sastrawan Indonesia (TSI), Pesta Penyair Nusantara (PPN), Pekan Seni Mahasiswa Nasional (PEKSIMINAS), dan Mimbar Teater Indonesia (MTI). Bagi komunitas Teater Eska prestasi atau  penghargaan dinilai sebagai sebuah ‘bonus’ dari mereka berproses. Tidak sedikit penghargaan yang mereka raih,  tropi terpampang dengan rapi di kantor mereka yang berada di student center (pusat kemahasiswaan) UIN Sunan Kalijaga.

Kegiatan Teater Eska dikelompokan menjadi tiga pertunjukan, yaitu aksi seni (performance action), aksi wacana (appreciation action) dan aksi budaya (cultural action). Aksi seni adalah kegiatan rutin mereka dalam mengasah seni berteater mereka dalam panggung.Yang kedua aksi wacana menunjuk pada berbagai bentuk kegiatan yang telah diprogramkan, yang bersifat temporal untuk meningkatkan kualitas pemikiran dan apresiasi seni anggota Teater Eska. Diantaranya seperti mengikuti pertemuan teater kampus maupun non-kampus, diskusi seni, pesantren seni, bedah buku, penerbitan buku antologi, menulis di surat-surat kabar, mengundang teater kampus yang ada di Yogyakarta (sekitar 27 teater) dan membentuk FKPTK (Forum Komunikasi dan pengembangan teater kampus.  Aksi budaya menunjuk pada keterlibatan Teater Eska dalam­ kegiatan-kegiatan seni-budaya di tengah masyarakat yang bersifat temporal, seperti baca puisi bebas, pentas dalam rangka mengisi acara yang dilaksanakan oleh Teater Eska sendiri atau lembaga lain baik dipesan atau dengan cara suka rela, menjadi panitia kegiatan festival seni, menerima tamu/menjadi panitia pementasan kelompok seni/teater di IAIN atau di tempat lain, menjadi pendamping kegiatan seni, menjadi juri lomba, pentas pendek di hadapan mahasiswa baru, happening art, dan lain-lain.

Reported by : Eti Purnaningrum

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s