Desi Kurnia / Grafis | Murni | Kriya | Interior | Eksterior / Seni Rupa

Geliat Seni Rupa Akademik UST

Seni rupa merupakan salah satu bentuk seni yang menempati predikat akademik di beberapa Perguruan Tinggi Indonesia. Diantaranya adalah Universitas Sarjanawiata Tamansiswa (UST) Yogyakarta dengan program studi Pendidikan seni rupanya. Pada saat ini untuk UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa) di UST khusus seni rupa sendiri belum terbentuk, hal ini di karenakan para mahasiswa menginginkan UKM yang terbentuk dapat-lah menampung semua mahasiswa dari berbagai program studi yang ada di UST. Seperti halnya yang telah dijelaskan oleh Suprapti Vidianingrum (Arum), mahasiswa yang tergabung Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) seni rupa, “Seni rupa di UST sendiri itu malah gak ada UKM khususnya, soalnya nanti kalau seni rupa bikin UKM, yang masuk dalam UKM itu hanya anak seni rupa sendiri. Sedangkan pembentukan UKM di maksudkan untuk menjaring mahasiswa dari seluruh program studi yang ada di kampus kami”.

Dalam setiap semester jurusan seni  rupa selalu menghasilkan suatu karya yang akan di pajang sebagai tugas prakteknya. Di semester tiga ini, mahasiswa seni rupa mempunyai tugas akhir dari mata kuliah batik untuk membuat karya dengan tema batik dalam bentuk sapu tangan, kaos, serta selendang dengan panjang 2.5 meter. Selain itu, masih ada beberapa karya yang di pasang untuk penilaian semester. Dalam hal ini mahasiswa berusaha untuk membuat karya seni yang mengangkat budaya Yogyakarta yaitu batik itu sendiri.

Pembutan batik ini pada dasarnya merupakan tugas kampus, namun hasilnya pun dapat di publikasikan melalui pameran yang dilaksanakan dari pihak Fakultas, seperti pengalaman mahasiswa semester atas yang telah memamerkan karya batiknya. Salah satu pameran seni rupa yang ada dalam waktu dekat ini adalah pameran dalam acara Diesnatalis ke-57 UST, yang berlangsung selama empat hari pada tanggal 16 – 20 Oktober 2012 di kampus UST, dengan dibuka oleh rektor UST sendiri. Acara diesnatalis ini salah satunya diisi dengan pameran karya seni rupa dari alumni-alumni mahasiswa seni rupa serta dosen -dosen seni rupa di UST. Selain karya-karya mahasiswa yang di pajang untuk penilaian semester, banyak dari mahasiswa seni rupa yang menjuarai perlombaan dengan karyanya, seperti keberhasilan dari mereka yang menjuarai lomba kaligrafi dalam lomba MYQ kategori kaligrafi seluruh Kabupaten / Kota Yogyakarta pada April 2012.

 

Reported By Desi Kurnia

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s