Endah Amanah / Musik / Pentas | Teater / Seni Pertunjukan

Cerita Indah PSM “Ahda Gitana” UAD

Ahda Gitana, itulah nama yang diambil untuk sebuah Paduan Suara Mahasiswa (PSM) Universitas Ahmad Dahlan (UAD) yang sudah berdiri sejak tahun 1998 oleh Alm. Mas Erwin, Drs. Dedi Pramono, M.Hum, dkk. Nama Ahda Gitana itu sendiri diambil dari nama pendiri Muhammadiyah yaitu K.H Ahmad Dahlan yang disingkat menjadi Ahda, dan Gitana sendiri berasal dari Bahasa Arab yang berarti suara. Jadi Ahda Gitana mempunyai makna suara Ahmad Dahlan, dengan harapan suara mereka (PSM Ahda Gitana) dapat menyejukkan bagi siapa saja yang mendengarnya.

PSM Ahda Gitana terbentuk sebagai UKM di UAD pada tahun 2008, sehingga sudah melalui 4 periode kepengurusan yang diketuai oleh Rudi Ashari. PSM ini melakukan latian dua kali dalam seminggu, yaitu setiap hari Rabu dan Jum’at malam. Tetapi, jika ada event latihan bisa ditambah di luar jadwal tersebut. Materi yang disampaikan dalam UKM tersebut juga beragam, seperti teori musik, vocalizing, teknik vocal, dan koreografi. Syarat terpenting jika ingin masuk dan bergabung menjadi anggota PSM Ahda Gitana harus mempunyai keinginan untuk mengembangkan bakat bernyanyi dan komitmen untuk berorganisasi.

Workshop tentang teori musik pada tahun 2011 lalu, studi banding tiap periode kepengurusan, serta makrab untuk menyambut para anggota baru PSM Ahda Gitana merupakan event yang pernah diadakan oleh PSM kebanggaan UAD ini. PSM ini juga sering mengikuti event di luar kampus yaitu menjadi pengisi acara pada pembukaan dan penutupan Muktamar Muhammadiyah 1 abad di Stadion Mandala Krida dan sportorium UMY beberapa waktu lalu.

Pernah suatu ketika PSM UAD ini membuat konsep yang “Jogja Banget”, yaitu pernah membawakan lagu bertema Jogja dan kostumnya pun menggunakan aksesoris berbau Jogja semacam blangkon dan batik. Tentunya dengan pembawaan yang menarik dan memukau penonton. Dan hasilnya pun ternyata memuaskan dan banyak yang menyukai konsep unik tersebut.

Ada satu hal yang menjadi keunikan PSM ini, yaitu jargon yang mereka punya. Jika sang ketua memulai dengan teriakan “Ahda Gitanaaaaa….” maka yang lain membalas dengan teriakan “ Yikhaaaaaaa”. Walaupun belum pernah sekalipun memenangkan perlombaan paduan suara, tetapi mereka yakin dan tetap optimis serta berusaha dapat meraihnya suatu saat nanti.

Pada hari Minggu, 21 Oktober lalu, PSM UAD baru saja berkolaborasi dengan grup band Anterock dalam acara Rock N Poems with Hari Leo yang diselenggarakan oleh Studio Pertunjukkan Sastra dan Antero Ideawork di Gedung Societed TBY. Event terdekat mereka yaitu mereka akan tampil dalam acara wisuda sarjana dan pasca sarjana Universitas Ahmad Dahlan periode November 2012 nanti.

Menurut Amee (begitu sapaan akrabnya) sang wakil ketua PSM UAD periode 2012/2013, banyak sekali hal yang bisa ia dapatkan selama bergabung dengan PSM Ahda Gitana UAD. Ia belajar tentang banyak hal, mulai dari bagaimana bernyanyi yang baik, tentang kekompakan sebuah teamwork, dan hangatnya suasana kekeluargaan. Amee juga banyak menemui berbagai karakter mahasiswa dengan berbagai jurusan yang berbeda.

Harapan ke depannya, PSM UAD lebih solid, sukses, dan semua mimpi-mimpinya dapat terwujud. Serta dapat mengikuti serta memenangkan perlombaan di tingkat Regional, Nasional, maupun Internasional.

Reported by : Endah Amanah

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s