Grafis | Murni | Kriya | Interior | Eksterior / Listyaning Restiti / Seni Rupa

Songo Selawe Asli Perak Yogya

Kotagede tak hanya menawarkan bangunan klasik saja. Namun, juga memiliki harta karun tersendiri yang telah ada sejak zaman pemerintahan Mataram, dan melejitkan nama Kotagede. Perak, kerajinan yang dikerjakan dengan cara manual masih menuntut ketrampilan tangan pembuatnya. Kerajinan perak Jogja ini, sudah dikenal wisatawan baik wisatawan lokal maupun mancanegara. Ketrampilan yang dimiliki oleh para pengrajin perak asli kotagede ini diperoleh secara turun-temurun. Karena kerajinan ini dikerjakan secara manual, maka hasilnya pun mempunyai nilai seni yang tinggi. Wisatawan yang datang berkunjung rela megeluarkan kocek yang tidak sedikit untuk membeli kerajinannya. Harga yang cukup tinggi pada perak tak sebanding dengan kemilau dan keapikan yang terkandung di dalamnya.

Sering kali terbesit dalam benak mengapa harga kerajinan perak menjulang tinggi?. Harga bahan baku perak sekarang bekisar 9.000 hingga 10.000 per gram-nya. Selain itu, perak memiliki keunikan tersendiri yang menjadi alasan mengapa harga perak tergolong mahal. Daya tahan perak dalam perubahan temperatur yang ekstrim sangat baik.  Di samping itu perak mampu memantulkan cahaya yang menjadikan perak terlihat berkilauan. Sifat kuat yang dimiliki perak menjadikannya sebagai pertimbangan tersendiri. Ciri khas yang dimiliki perak asli Kotagede adalah dari motif khas dari Yogyakarta, yaitu didominasi daun-daun, bunga dan lung (sulur) yang menarik. Hal ini yang menjadikan perak Jogja dikenal sampai ke mancanegara.

Perak pada awalnya hanya digunakan sebagai perhiasan, dan dipergunakan dalam lingkup kerajaan saja. Berbeda pada masa sekaran, perak digunakan untuk berbagai keperluan seperti, fotografi, dekorasi, dan souvenir. Kerajinan perak dapat kita jumpai di sepanjang jalan Kotagede dan diperjual belikan untuk kalangan umum. Bagi orang awam yang belum tahu banyak tentang perak, tak usah risau dalam memilih perak asli atau palsu. Perak yang asli warnanya lebih terlihat gelap dan pudar, sebaliknya perak palsu mempunyai warna terlihat lebih bening. Selain itu perak asli terdapat tanda totol songo selawe (925) yang ada pada bagian perak, baik itu tersembunyi atau terlihat secara jelas pada hasil kerajinannya. Ragam kerajinan perak pun beragam seperti kalung, cincin, liontin, bros, souvenir, subang dan masih banyak lagi. Harga perhiasan perak pun beragam tergantung dari model dan tingkat kesulitannya. Kita juga bisa memesan model kerajinan perak dengan harga yang tentunya berbeda.

Reported by : Listyaning R

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s