Grafis | Murni | Kriya | Interior | Eksterior / M. Adhin Nugroho / Seni Rupa

-Headline- Rumah Seni Cemeti

Rumah Seni Cemeti yang terletak di Jalan D.I. Panjaitan 41 Yogyakarta, adalah rumah seni yang aktif mempromosikan dan mendorong praktik berkesenian dalam kancah seni rupa kontemporer Indonesia. Galeri Cemeti pertama kali membuka pintunya pada 31 Januari 1988, hingga ia berubah nama menjadi  Rumah Seni Cemeti diawal 1999. Perintis sekaligus pendiri Rumah Seni Cemeti adalah Nindityo Adipurnomo (Indonesia) dan Mella Jaarsma (Belanda), mereka adalah seniman lulusan Institut Seni Indonesia (ISI). Pembukaan pameran pertama (1988) di Cemeti menampilkan karya-karya seniman kontemporer Indonesia seperti, Heri Dono, Eddie Harra, Harry Wahyu, Nindityo Adipurnomo, dan Mella Jaarsma

Sejak tahun 1988 Rumah Seni Cemeti secara aktif memamerkan dan mengkomunikasikan karya dari seniman-seniman kontemporer baik dari Indonesia maupun dari mancanegara. Setiap tahun diselenggarakan paling sedikit sebelas proyek pameran. Baik pameran tunggal, pameran kelompok, seni pertunjukkan, site specific maupun happening art, diskusi, presentasi slide serta perbincangan seniman.

Pada tahun 2010, Rumah Seni Cemeti meluncurkan platform baru dimana seluruh kegiatannya memusatkan perhatian pada penciptaan kembali ‘Seni dan Masyarakat’, yang menekankan praktik seni alternative yang lebih menghormati ‘proses’ dari pada ‘promosi’. Dalam program baru tersebut, Rumah Seni Cemeti menawarkan berbagai program residensi (berkarya dan penelitian) untuk seniman, curator, dan peneliti multidisiplin. Rumah Seni Cemeti meluncurkan program residensi terbaru bertajuk ‘Hot Wave’ yang melibatkan tiga seniman dari tiga Negara yang berbeda, yaitu Australia, Belanda dan Singapura yang berkarya dan melakukan penelitian di Rumah Seni Cemeti selama tiga bulan.

Nama-nama seniman yang mengkonsinyasikan karyanya di Rumah Seni Cemeti diantaranya: Anusapati, Agung Kurniawan, Tri Wahyudi, Yamyuli Iman, Hanura Hosea, Hedi Hariyanto, Yenny Yanuar Ernawati, Yani Halim, Tisna Sanjaya, Asmudjo Jono Irianto, Moelyono, Agus Suwage, Eddie Harra, Ruud Venekamp, AS Kurnia, Munadi, Hafiz, Mella Jaarsma, FX Harsono, Paul Kleman, Moritz Ebinger, Shigeyo Kobayashi dan lain-lain.

 

Museum Affandi

Museum Affandi terletak di Jalan Raya Yogyakarta-Solo, atau tepatnya tepi barat Sungai Gajah Wong. Kita bisa melihat karya-karya agung semasa sang maestro hidup, karya para pelukis lain yang ditampungnya, alat transportasi yang dipakainya dahulu, rumah yang ditinggali hingga sebuah sanggar yang kini dipakai untuk membina bakat melukis anak.

Museum ini yang dibuka secara pribadi oleh affandi sejak tahun 1962 dan diresmikan tahun 1974, museum ini memuat sejumlah lukisan Affandi dari awal berkarya hingga masa akhir hidupnya. Disini kita juga bisa melihat sejumlah barang berharga dan bersejarah dalam dunia seni lukis semasa Affandi hidup. Kita bisa melihat mobil Colt Gallan tahun 1976 yang dimodifikasi sehingga menyerupai bentuk ikan, sebuah sepeda onthel kuno. Selain itu kita juga bisa melihat reproduksi patung karyanya berupa potret diri bersama putrinya, Kartika.

Di dalam Galeri museum kita bisa melihat sejumlah lukisan para pelukis, baik pemula maupun senior, yang ditampung dalam museum. Galeri yang diresmikan tahun 1988 ini terdiri dari dua lantai dengan lukisan yang dapat dilihat dari sudut pandang berbeda. Lantai pertama banyak berisi lukisan-lukisan yang bersifat abstrak, sementara lantai kedua memuat lukisan dengan corak realis namun memiliki ketegasan.

Untuk berkunjung ke Museum Affandi, kita hanya perlu mengeluarkan biaya Rp 10.000,00 sebagai tiket masuk untuk wisatawan domestik dan Rp 20.000,00 untuk wisatawan mancanegara, serta tambahan Rp 10.000,00 sebagai biaya tambahan bila kita ingin memotret.

Reported by : M. Adhin

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s