Endah Amanah / Musik / Seni Pertunjukan

Kemitraan SMM (Sekolah Menegah Musik) Yogya

Sekolah Menengah Musik (SMM) Yogyakarta merupakan sebutan lain dari Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) II Kasihan, Bantul, Yogyakarta. Mengapa bisa demekian? Sekolah ini didirikan atas inisiatif seniman musik dan budayawan yang ada di Indonesia (khususnya pemusik Kraton Yogya), pada tanggal 17 Desember 1951 ditetapkan oleh Menteri Pendidikan Pengajaran & Kebudayaan, Mr. Wongso Negoro dengan Surat Keputusan No. 35520/RAB bahwa terhitung mulai tanggal 1 Januari 1952 di Yogyakarta didirikan sekolah musik dengan nama Sekolah Musik Indonesia dengan waktu belajar selama lima tahun, di bawah bidang Kesenian, Direktorat Kebudayaan, dan menunjuk Ir. S.Prawiro Negoro sebagai pimpinan umum. Tahun 1976 melalui Surat Keputusan Menteri No. 0295/U/1976 Sekolah Musik Indonesia berganti nama menjadi Sekolah Menengah Musik Negeri Yogyakarta, di bawah Direktorat Pendidikan Dasar dan Menengah, dan pada tahun 1978 terjadi pergeseran permulaan tahun ajaran dari bulan Januari menjadi bulan Juli.

Pada tahun 1997 melalui SK (Surat Keputusan) Mendikbud No. 036/0/1997 Nama Sekolah Menengah Musik (SMM) diganti dengan nama Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) II Kasihan. Mulai Oktober 2006 SMKN II Kasihan dipimpin oleh Drs. Samsuri Nugroho, pada era ini (2007) SMKN II Kasihan mendapat dukungan penuh dari Dinas Pendidikan Nasional untuk menjadi Sekolah Bertaraf Internasional (SBI), dan mulai tahun 2008 Kementrian Pendidikan Nasional melalui Direktorat PSMK (Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan), SMKN II Kasihan terpilih sebagai SMK SBI dalam program SMK SBI Invest ADB (Asia Development Bank).

Salah satu prestasi sebuah lembaga pendidikan adalah bagaimana sekolah itu dapat menjalin kerjasama dengan pihak lain yang bonafit. Sekolah musik ini banyak sekali menjalin mitra dengan berbagai lembaga luar negeri maupun dalam negeri. Salah satunya yaitu Associated Board of The Royal Schools of Music (ABRSM), yang beralamat di 24 Portland PlaceLondonW1B 1 LU United Kingdom. ABRSM adalah suatu lembaga pendidikan musik yang berpusat di London yang telah menjalin kerjasama dengan SMKN II Kasihan dalam hal dukungan kurikulum dan sumber belajar. ABRSM setiap tahun mengadakan kunjungan ke SMKN II Kasihan dalam rangka melihat perkembangan dan kemajuan yang dicapai oleh SMKN II Kasihan dan kerjasama uji kompetensi dengan standar internasional. Yogyakarta Philharmonic Orchestra atau Jophilo juga merupakan salah satu mitra SMKN II Kasihan, dimana pemain-pemain Jophilo sendiri merupakan siswa, pengajar maupun lulusan dari SMKN II Kasihan.

Reported by Endah Amanah

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s