Grafis | Murni | Kriya | Interior | Eksterior / Muhamad Rifefan / Seni Rupa

Affandi,tokoh seni lukis Abstrak Indonesia yang Mendunia

Siapa tak kenal Affandi? . Affandi merupakan seorang nama yang tak asing bagi pecinta seni lukis di tanah air hingga mancanegara. Pelukis dengan aliran ekspresionis atau abstrak ini lahir di Cirebon Jawa Barat pada tahun 1907. Meski bukan pelukis asli Yogyakarta,beliau mendirikan sebuah rumah yang kini menjadi museum atas segala macam hasil karya seninya selama hidup. Affandi melahirkan lebih dari 2000 karya lukis yang beberapa sudah berada ditangan kurator-kurator tanah air hingga di dunia.

Bandung adalah juga sabuah kota yang menjadikan Affandi sebagai pelukis yang terkenal di Indonesia. Pada sekitar tahun 30-an Affandi bergabung dengan kelompok  Lima Bandung , yaitu kelompok lima pelukis Bandung. Mereka itu adalah Hendra Gunawan, Barli, Sudarso, dan Wahdi serta Affandi yang dipercaya menjabat sebagai pimpinan kelompok. Bersama kelompoknya ini memberikan pengaruh perkembangan seni lukis di Indonesia. Affandi melakukan pameran tunggal pertamanya pada tahun 1943 di Gedung Poetera Djakarta yang saat itu sedang berlangsung pendudukan tentara Jepang di Indonesia.

Affandi pernah mendapatkan beasiswa pendidikan di sebuah akademi melukis di Santiniketan,India , namun Ia merasa bahwa Ia sudah tidak perlu lagi untuk mengenyam pendidikan tersebut. Uang beasiswa tersebut di pergunakannya untuk pameran berkeliling India. Karena berbagai kelebihan dan keistimewaan karya-karyanya, para pengagumnya sampai menganugerahinya berbagai sebutan dan julukan membanggakan antara lain seperti julukan Pelukis Ekspressionis Baru Indonesia bahkan julukan Maestro. Adalah Koran International Herald Tribune yang menjulukinya sebagai Pelukis Ekspressionis Baru Indonesia, sementara di Florence, Italia dia telah diberi gelar Grand Maestro. Ia telah melakukan pameran di benua Eropa,Asia,Amerika,hingga Australia. Beliau wafat pada 23 Mei 1990.

Saat ini karya-karya beliau cukup banyak berada dalam museum Affandi yang berada di Yogyakarta,di pinggir sebuah kali yang bernama Kali Gajah Wong. Di kawasan jalan solo,dekat dengan kampus UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Karya yang luar biasa di mata dunia,seorang maestro yang sederhana dan bersahaja dalm hidupnya mewarnai perkembangan seni lukis di Indonesia,beliau menunjukan bahwa Indonesia juga punya maestro seperti beliau.

By  Muhamad Rifefan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s