Dani Safitri / Grafis | Murni | Kriya | Interior | Eksterior / Seni Rupa

Karya sang Penoreh

Segala sesuatu yang tercipta dalam seni pasti mempunyai ciri khas tersendiri didalamnya. Lukisan Bapak Slamet Riyanto adalah sebagai bukti kekhasan itu. Goresan dari seorang seniman kelahiran Pacitan, Jawa Timur ini mempunyai kekhasan yang unik dan masih jarang dijumpai di dunia lukis nusantara. Kekhasan lukisan dari beliau berupa lukisan bernuansa modern abstrak yang ditampilkan dalam bentuk batik. Menarik sekali memang, beliau mampu mengkombinasikan lukisan yang ia buat dengan gaya batik yang merupakan kesenian khas kota istimewa Yogyakarta.

Selain pengaplikasiannya dalam bentuk batik, hal menarik lainnya yang juga datang dari lukisan beliau adalah inspirasi pembuatannya. Dari semua lukisan yang beliau buat berlandaskan inspirasi dari alam bebas. Yang dimaksud alam bebas disini adalah sepeti pemandangan pantai, panorama pegunungan dan sebagainya. Salah satu contoh hasil karya beliau adalah yang berjudul “Expression of the Wave”. Lukisan ini terinspirasi dari pemandangan laut yang disana terdapat birunya air laut, pepohonan yang disajikan dengan warna hijau, pegunungan yang menjulang mengelilingi lautan yang di visualisasikan dengan goresan warna biru, serta terdapat percikan-percikan ombak yang digambarkan dengan titik-titik berwarna coklat.

Penafsiran dari lukisan abstrak itu tergantung pada apa yang dipikirkan oleh penikmat lukisan, dan memang tidak ada yang salah. Terkadang pelukisnya pun tidak tahu maksud dari lukisan yang ia buat, hanya sekedar menuangkan idenya dalam sebuah hasil karya. Namanya saja seni lukis abstrak, abstrak pulalah  visualisasi dan penafsirannya.

Alat dan Bahan yang diperlukan untuk membuat lukisan batik ala Slamet Riyanto ini ternyata cukup simpel. Karena tidak jauh berbeda dengan pembuatan batik pada baju, sprei, taplak dsb. Bahan yang diperlukan diantaranya adalah kain katun sebagai bahan dasarnya, kemudian lilin atau yang sering disebut “malam”, canting yang digunakan untuk membuat desain batiknya, serta yang paling penting adalah cat yang digunakan untuk memberikan keromantisan warna dalam sebuah seni lukis.

Jika pada jaman dahulu seni batik hanya pada warna tertentu saja seperti coklat, hitam, dan kuning, maka sekarang ini sudah banyak varian warna yang disajikan oleh para seniman. Termasuk didalamnya adalah beliau bapak Slamet Riyanto yang telah mengembangkan banyak ragam warna dalam lukisan batiknya. Ide cemerlang beliau ini juga yang kini menjadikan kesenian batik lukis ini semakin populer dikalangan penikmat seni lukis.

Reported by : Dani Safitri

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s