Musik / Seni Pertunjukan / Sukaenah

Instrumen Musik Jazz

Alat merupakan suatu instrumen penting sabagai sarana dalam melakukan tindakan, tindakan menghasilkan sebuah musik salah satunya. Untuk menghasilkan sebuah musik yang memiliki irama, ritme, dan note menjadikan  alat-alat musik memiliki peranan yang sangat besar dalam sebuah kesatuan musik. Apalagi sebuah musik yang memiliki aliran blues dan termasuk musik marching band Eropa sebut saja musik jazz, yang memiliki karakteristik unik dengan ritme, improvisasi dan note-note nya.

Berikut ini adalah beberapa alat musik jazz yang lazimnya digunakan dalam mengiringi lagu-lagu ala jazz : Gitar, gitar bass, saksofon, trombon, piano, klarinet, trompet, drum, dan double bass. Dari penyebutan beberapa alat-alat musik tersebut lebih dari dua yang merupakan alat musik khas dan sangat jarang dijumpai dalam iringan musik-musik pop, rock, dangdut, dan musik-musik populer media massa.

Hal di atas menunjukan adanya keunikan gaya yang dimiliki oleh musik jazz, dengan ritme-ritme yang dihasilkan oleh alat musiknya serta improvisasinya. Akan lebih jelas dan rinci jika terdapat penjelaan mengenai alat-alat musik jazz secara lebih spesifik.

  1. Gitar, alat musik berdawai yang dimainkan dengan jari tangan atau alat petik gitar, bunyinya dihasilkan dari senar-senar yang bergetar.
  2. Gitar bass, salah satu jenis gitar yang pada nadanya, suaranya besar.
  3. Saksofon, instrumen musik yang masih tergolong dalam keluarga woodwind, terbuat dari logam dan cara memainkan mengugunakan sigle-reed seperti halnya klarinet. Alat musik ini pada umumnya dihubungkan dengan musik popular, big band musik dan jazz. Namun pada awalnya alat musik ini ditujukan sebagai instrumen orkestra dan band militer.
  4. Piano, alat musik yang dimainkan dengan jari-jemari, bentuk dan fungsi piano kurang lebih  seperti keyboard, yang membedakannya adalah ukuran dan banyak tuts nya.
  5. Klarinet, sama dengan saksofon yang masih daam keluarga woodwind dan dimainkan dengan sigle-reed. Penamaan klarinet diambil dari akhirannya “et” yang berarti kecil, dalam kata Italia “clarino” yang berarti trompet. Klarinet memiliki ukuran dan pitch yang berbeda-beda, kata klarinet umumnya merujuk pada soprano klarinet B♭, yang merupakan klarinet terumum.
  6. Trompet, alat musik tiup yang terbuat dari logam, terompet terletak pada jajaran tertinggi di antara tuba, eufonium, trombon, sousafon, Frenc horn dan Bariton. Pitch trompet di B♭. Trompet hanya memiliki tiga tombol, dan pemain trompet harus menyesuaikan embouchure untuk mendapaykan dana yang berbeda.
  7. Trombon, alat musik tiup yang terbuat dari logam. Kata trombon diambil dari bahasa Itali “tromba” yang berarti terompet dan “one” (akhiran) yang berarti besar. Dengan kata lain trombon merupakan terompet besar.
  8. Drum, kelompok alat musik perkusi yang terdiri dari kulit atau plastik yang direntangkan dan dipukul dengan tangan ataupun batang (stick). Dalam musik jazz, drum biasanya mengacu pada drum kit atau drum set, yang memiliki seperangkat drum dan biasanya terdiri dari bass drum, snare drum, tom-tom, hi-hat, dan cymbal.
  9. Biola, alat musik berdawai yang digunakan dengan cara menggesek. Biola memiliki empat senar (G-D-A-E) yang disetel berlainan dengan yang lain. Biola memiliki nada yang tertinggi di antara jenis keluarga biola lainnya.

Sumber: http://profdee.wordpress.com/2010/12/05/instrumen musik jazz/

Reported By Sukaenah

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s