Imron Rosid / Musik

NAPAK TILAS MUSIK JAZZ YOGYA

 

Perkembangan musik jazz di Yogyakarta terjadi pada tahun 2000, pada saat itu musik jazz masih tidak begitu terkenal bagi sebagian masyarakat Yogyakarta. Hal ini dapat ditengarai dengan sedikitnya kafe-kafe atau tempat untuk menikmati alunan musik tersebut. Pada saat itu hanya dibeberapa tempat tertentu yang menyediakan pagelaran musik jazz seperti di Jogja Cafe, Hotel Santika dan Ambarukmo yang dimana mereka banyak mendatangkan musisi tersebut dari Jakarta.
Pada saat tersebut musik jazz hanya sebagai selingan atau jeda hiburan sebab musik jazz masih kalah bersaing dengan berbagai aliran musik yang sudah berkembang di Yogyakarta. Namun dengan semakin seringnya para musisi jazz ini tampil didepan masyarakat umum akhirnya mulailah musik jazz dapat diterima di Yogyakarta. Musik Jazz berkembang di Yogyakarta juga karena andil dari radio-radio yang mulai menyiarkan musik jazz secara rutin di masing-masing stasiun radio. Saat ini, ada satu radio yang mengkhususkan diri pada jalur jazz, yaitu Radio Ardhia 104.1 FM. Selain itu juga bermunculan tempat-tempat yang semakin banyak menyuguhkan musik jazz untuk para penikmat musik jazz, salah satunya adalah Java Cafe yang beralamatkan di Jalan Magelang No. 163, Yogyakarta. Dengan nomor telepon: 0274-624141.
Selain itu di Yogyakarta juga terdapat sebuah komunitas para penikmat musik jazz yang mempunyai nama Jogja Jazz Club. Ide Jogja Jazz Club berawal dari diadakannya Jazz Gayeng Jogja Jazz Festival pertama pada bulan Oktober tahun 2001 dimana muncul ide untuk membuat semacam wadah untuk berkumpul dan berinteraksi antar penggemar dan musisi jazz dan bisa saling belajar dan bertukar informasi mengenai musik jazz. Agung Prasetyo (pemain bass), Tuti Ardi (vokalis) dan BJ (drums) dari grup jazz Tuti ‘n’ Friends bersama WartaJazz.com berinisiatif untuk meminta izin dari Gajah Wong Cafe tempat dimana grup ini biasa bermain untuk menyediakan tempat bagi wadah komunitas ini berkreasi, dan pada bulan Januari 2002 dimulailah ajang kumpul-kumpul ini, yang diadakan setiap minggu sekali.
Kegiatan Jogja Jazz Club sendiri terus berkembang selain setiap minggu mengadakan jam session bersama dan diskusi, juga beberapa kali mengadakan workshop dari musisi-musisi jazz luar negeri yang mengadakan konser di Yogyakarta. Pada perkembangannya karena peminatnya yang semakin banyak baik dari kalangan pelajar, mahasiswa maupun masyarakat umum maka ajang berkumpul di pindahkan ke Press Corner atau Shaker Cafe yang lebih luas dan terbuka. Sampai saat ini dari Jogja Jazz Club juga telah terbentuk beberapa grup jazz dan telah mendukung acara-acara dan kegiatan-kegiatan musik jazz di beberapa tempat.
Dengan bekerjasama dan didukung WartaJazz.Com Jogja Jaz Club juga menyediakan library berupa buku, majalah, CD, kaset, dan video. Sekretariat Jogja Jazz Club berada di Jalan Munggur No. 50 Demangan, Yogyakarta (kantor WartaJazz.Com Yogyakarta)
Sumber : literatur sejarah.blogspot.com/sejarah musik jazz
Majalah musik Rooling Stone
Wawancara dengan komunitas Jogja Jazz Club, Pemilik Java Cafe

Reported by Imron Rosyid

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s