Evania Mega Mahardika / Grafis | Murni | Kriya | Interior | Eksterior / Seni Rupa

Wayang Golek Jawa Barat di Tembi Yogya

zzmegaSetelah meliput Pasar Seni Gabusan, kini Seni Jogja akan hadir dengan mengulas salah satu desa seni yang terkenal di Jogja yang tentunya tidak kalah hebatnya dengan Pasar Seni Gabusan. Daerah yang dimaksud adalah Desa Tembi, yang lebih dikenal dengan Tembi Rumah Budaya. Tembi Rumah Budaya merupakan sebuah desa dimana banyak karya-karya seni yang dipamerkan di salah satu sudut ruangannya yakni di Bale Dokumentasi. Di Bale Dokumentasi ini kita dapat menjumpai perpustakaan, galeri-galeri jawa, dan galeri benda kuno yang mampu menarik perhatian kita. Namun yang lebih menarik lagi adalah adanya 70 buah wayang golek yang dipajang menghiasi Bale Dokumentasi tersebut.

Wayang merupakan salah satu seni budaya bangsa Indonesia yang paling menonjol diantara banyak seni karya lainnya, karena di dalam wayang sendiri meliputi berbagai seni di dalamnya, seperti seni pahat, seni lukis, seni peran, dan seni tutur. Wayang golek merupakan salah satu kesenian khas Sunda-Jawa Barat yang pada umumnya digunakan untuk mengiringi kegiatan-kegiatan masyarakat seperti halnya ketika ada perayaan atau kegiatan masyarakat lainnya.

zzzmega

Memang tak bisa dipungkiri lagi bahwa wayang golek tidak dapat dipisahkan dengan wayang kulit. Hal tersebut dikarenakan wayang golek merupakan sebuah perkembangan dari wayang kulit. Perbedaannya hanya dalam hal bahan dasar wayang-nya saja. Bila wayang kulit bahan dasarnya dari kulit sapi atau kulit kerbau, sedangkan wayang golek sendiri bahan dasarnya adalah kayu. Bentuk wayang yang menyerupai boneka tiruan rupa manusia atau ‘golek’ dalam bahasa jawa-nya, membuat wayang yang berbahan dasar kayu tersebut dikenal dengan wayang golek. Selain itu bentuk maupun pewarnaan yang divisualisasikan dalam wayang golek tersebut, dapat mencerminkan suatu watak dalam lakon wayang golek tersebut.

zmega

Berdasarkan informasi yang kami peroleh dari Bapak Herjaka selaku narasumber di Tembi Rumah Budaya tersebut, pada tahun 2005 pihak Tembi membeli satu set wayang golek yakni berisi 70 buah wayang golek tersebut yang didatangkan langsung dari Jawa Barat. Wayang-wayang tersebut biasanya dipentaskan dengan cerita Mahabarata dan Ramayana. Bagi Anda yang tertarik dengan wayang golek ini, jangan khawatir karena wayang golek yang ada di Tembi ini memang dipertontonkan khusus di Bale Dokumentasi Tembi Rumah Budaya Yogyakarta.

Oleh : Evania Mega M

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s